Ssst, Ini Waktu Favorit Orang Indonesia Belanja Online

Ssst, Ini Waktu Favorit Orang Indonesia Belanja Online

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 04 Agu 2020 19:00 WIB
Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kapan waktu favorit orang Indonesia untuk belanja online? Penelitian yang dilakukan perusahaan layanan kredit digital Kredivo bersama Katadata Insight Center ini mengungkap jawabannya.

Untuk hari yang paling banyak jumlah transaksi belanja online, riset ini mengungkap bahwa hari Selasa dan Jumat adalah waktu favorit untuk belanja online. Terjadi lonjakan walaupun tidak banyak. Adapun jumlah transaksi per hari relatif tidak banyak berbeda, dengan jumlah tertinggi di hari Sabtu sebesar Rp 298.100.

"Mungkin kalau hari Senin memulai aktivitas dan ada kesibukan di kantor, rapat dan lain-lain. Nah kalau soal nilai transaksi cukup merata per harinya," sebut Mulya Amri selaku Research Director Katadata Insight Center.

Sedangkan peak transaksi tertinggi belanja online orang Indonesia terjadi pada sekitar pukul 10.00 sampai pukul 13.00 siang, dengan pukul 12.00 adalah puncaknya. Barangkali karena waktu tersebut bertepatan dengan istirahat makan siang di perkantoran.

KredivoWaktu favorit orang Indonesia belanja online. Foto: Kredivo

"Sedangkan peak kedua cenderung malam, antara pukul 19.00 sampai 21.00 malam. Mungkin dilakukan setelah makan malam dan sebelum tidur," papar Mulya.

Dalam penelitian ini, terungkap pula bahwa event belanja online seperti Harbolnas, Double Eleven atau Super Shopping Day menajdi waktu tersibuk transaksi e-commerce. Di Harbolnas misalnya, terjadi kenaikan transaksi 5,7 kali lipat oleh kaum perempuan dan 4,7 kali lipat oleh kaum pria.

Adapun perayaan hari besar keagamaan juga mampu mendongkrak jumlah transaksi di toko online, walaupun tidak sebesar pada saat event-event tersebut.

Data penelitian dalam riset ini langsung berasal dari Kredivo dengan sampel 10 juta transaksi di 6 e-commerce besar Indonesia. Garis besarnya, riset ini mencari tahu siapa saja konsumen e-commerce, apa saja yang dibeli dan waktu tersibuk belanja online.



Simak Video "Tergiur Diskonan Lazada, Pasutri Ini Jadi Korban Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)