LG Genjot Produksi Panel OLED untuk TV

LG Genjot Produksi Panel OLED untuk TV

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 26 Jul 2020 09:21 WIB
Panel Tranparan LG
TV OLED LG (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

LG Display mulai memproduksi panel OLED secara massal di pabrik barunya yang berlokasi di Guangzhou, China.

Pabrik baru tersebut kini akan memproduksi 60 ribu panel OLED setiap bulannya. Jika digabungkan dengan pabrik LG di Paju, Korea Selatan, ini akan mencapai jumlah produksi 130 ribu panel setiap bulannya.

Namun ke depannya, LG Display menyebut kapasitas produksi panel OLED di pabrik baru itu bisa ditingkatkan sampai 90 ribu panel per bulan.

Menurut LG, panel yang diproduksi di pabrik baru ini bakal dipakai untuk membuat perangkat dengan ukuran 48 sampai 77 inch, atau dengan kata lain, bakal dipakai untuk produksi televisi. Sejauh ini ada 19 merek yang memakai panel OLED dari LG, yaitu LG, Vizio, Sony, Panasonic, Hisense, Bang & Olufsen, dan Toshiba.

Pembukaan pabrik baru LG Display ini dilakukan saat Samsung Display -- kompetitornya -- mulai menghindari panel LCD, yang saat ini dipakai di mayoritas televisi yang ada di pasaran, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (26/7/2020).

Sementara LG Display sendiri pada 2020 ini sudah memastikan bakal menyetop produksi panel untuk televisi LCD di Korea Selatan, sementara Samsung Display sudah menyetop produksi panel LCD-nya di Korea Selatan dan China.

CEO LG Display James Hoyoung Jeong menyebut dengan pembukaan pabrik baru ini bakal menggenjot adopsi panel OLED di pasaran. Menurutnya panel OLED ini adalah 'mesin' untuk menggenjot pertumbuhan LG Display.

Perusahaan asal Korea Selatan itu menargetkan bahwa 50% pemasukannya pada 2021 akan berasal dari panel OLED. Meningkat dari tahun 2018 saat pemasukan dari panel OLED hanya 30%.

Di sisi lain, Samsung Display punya harapan besar pada teknologi quantum dot yang dipakai di panel QLED mereka. Zdnet juga menyebut kalau layar quantum dot di masa depan akan menggunakan panel OLED dan bukan panel LCD seperti yang dipakai saat ini.



Simak Video "Mengenal Layar OLED yang akan Digunakan di iPhone 12"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)