Demi Regenerasi, Anak Muda Tajir Ini Lepas Jabatan CEO dan Saham

Demi Regenerasi, Anak Muda Tajir Ini Lepas Jabatan CEO dan Saham

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 04 Jul 2020 19:11 WIB
colin huang
Colin Huang. Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Baru saja kekayaannya melebihi Jack Ma, tetapi Colin Huang secara mengejutkan melepaskan jabatannya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Pinduoduo, startup e-Commerce yang didirikannya.

Tak hanya soal mundurnya Huang. Kabar menggemparkan lainnya, ia melepaskan kepemilikan perusahaan sebesar USD 14,3 miliar atau setara Rp 207,5 triliun dengan saham kepemilikannya di Pinduoduo yang tadinya 43,3% kini menjadi 29,3% saja.

Kendati begitu, seperti dilansir dari Nikkei Asian Review, Sabtu (4/7/2020) Huang masih mempertahankan posisinya sebagai ketua dewan dan punya hak suara mayoritas perusahaan sebesar 80,7%.

Jabatan CEO yang ditinggalkan Huang beralih ke tangan Chen Lei yang sebelumnya menempati peran sebagai Co-Founder dan Chief Technology Officer (CTO) Pinduoduo. Perombakan struktur kepemimpinan perusahaan, yakni bergabungnya Ma Jing yang sebelumnya memegang bisnis Chanel China.

"Saya mengambil langkah mundur dari manajemen sehari-hari yang terkait operasional perusahaan dan bekerja dengan tim yang relevan dan dewan direksi pada strategi jangka panjang dan struktur perusahaan kami," ujarnya.

"Saya berharap bahwa melalui perubahan manajemen, kita dapat secara bertahap menyerahkan lebih banyak tugas dan tanggungjawab manajerial kepada kolega muda kita, memberi ruang, dan peluang bagi tim untuk tumbuh dan mendorong Pinduoduo jadi perusahaan yang lebih matang dengan kewirausahaan yang berkelanjutan," tuturnya.

Menudurnya Huang dari CEO Pinduoduo terbilang mengejutkan. Bagaimana tidak, belum lama ini atau pada pertengahan Juni kemarin, pria berusia 40 tahun itu memilik kekayaan yang melampaui Jack Ma.

Huang adalah orang terkaya kedua di China dengan total kekayaan bersih USD 45,4 miliar, di belakang bos Tencent, Ma Huateng. Posisi itu sebelumnya dipegang pendiri Alibaba, Jack Ma, yang kini hartanya USD 43,9 miliar.



Simak Video "Jack Ma Bicara Soal Kunci Sukses Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)