Desainer Chip Kawakan Intel Mengundurkan Diri

Desainer Chip Kawakan Intel Mengundurkan Diri

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 15 Jun 2020 15:13 WIB
The logo of Intel is seen during the annual Computex computer exhibition in Taipei, Taiwan June 1, 2016. REUTERS/Tyrone Siu
Desainer Chip Kawakan Intel Mengundurkan Diri. (Foto: Reuters/Tyrone Siu)
Jakarta -

Desainer chip Jim Keller meninggalkan Intel setelah dua tahun bergabung di perusahaan tersebut. Keller bukan desainer sembarangan, keahlian sosok kawakan ini membuatnya menjadi desainer chip andalan Intel.

Intel menyebutkan, pengunduran diri Keller dari perusahaannya didasari alasan pribadi. Keller tidak akan serta merta meninggalkan sang raksasa chip, melainkan didapuk menjadi konsultan Intel pada periode transisi kepemimpinan selama enam bulan.

Dikutip dari The Verge, pada masa transisi tersebut, Keller akan menjadi konsultan Intel secara ekslusif. Tentu saja tidak mudah bagi Intel melepas Keller begitu saja.

Jim Keller Desainer Chip IntelSebelum di Intel, Jim Keller adalah teknisi eksekutif di Apple, AMD, dan Tesla. Foto: Intel

Keller pantas disebut sebagai veteran di industri ini. Sebelum di Intel, dia adalah teknisi eksekutif andalan Apple, AMD, dan Tesla. Karenanya, Intel menganggapnya sebagai rekrutan emas saat bergabung dengan perusahaannya pada April 2018.

Keller sebelumnya bekerja menggarap prosesor A4 dan A5 milik Apple, dan dikenal sebagai otak di balik custom silicon proyek mobil otonom Tesla yang ambisius.

Mundurnya Keller dari Intel merupakan sebuah kabar yang menjadi sorotan di industri chip. Menurut firma sekuritas Rosenblatt Securities, kemunduran Keller bisa saja mengganggu strategi Intel di kemudian hari.

"Hengkangnya Keller adalah berita besar dan menunjukkan bahwa apa pun yang dia lakukan di Intel tidak berjalan dengan baik," kata Hans Mosesmann, salah satu analis Rosenblatt Securities, dikutip dari Bloomberg.

"Bagi kami, situasi ini bakal mengubah bahkan mengganggu peta roadmap prosesor Intel di masa depan," pungkasnya.



Simak Video "Intel Bakal Pasok Komponen Lagi untuk Huawei?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)