15 Startup Unicorn Terancam Bangkrut Akibat Corona

15 Startup Unicorn Terancam Bangkrut Akibat Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 20 Mei 2020 11:08 WIB
Ilustrasi startup
15 Startup Unicorn Terancam Bangkrut Akibat Corona (Ilustrasi Foto: Oli Scarff/Getty Images)
Jakarta -

Masih soal Masayoshi Son dan Softbank, raksasa teknologi Jepang sekaligus investor di banyak startup kelas kakap. Softbank baru saja menderita kerugian sangat besar karena performa buruk startup yang mereka danai, bahkan situasi bisa saja bertambah buruk.

Softbank Vision Fund menyuntik investasi pada sekitar 88 perusahaan startup senilai total USD 75 miliar. Nah, Softbank mengakui bahwa 15 startup berstatus unicorn yang mereka danai bisa saja bangkrut karena krisis yang disebabkan pandemi Corona.

Akan tetapi, Masayoshi Son selaku CEO Softbank tidak menyebut startup unicorn apa yang berpotensi bangkrut tersebut. Walaupun demikian, ia tetap optimistis masih ada startup yang akan berkibar.

"Situasi yang sangat sulit. Unicorn kita telah jatuh ke jurang virus Corona yang tiba-tiba ini. Tetapi, beberapa dari mereka akan menggunakan krisis ini untuk mengembangkan sayapnya," jelas Son.

Vision Fund, mencatatkan kerugian sebesar 1,9 triliun Yen atau setara dengan Rp 262 triliun (kurs 1 Yen = Rp 138,05). Kerugian tersebut dikarenakan investasi yang tak membuahkan hasil, misalnya pada startup WeWork dan Uber, keduanya juga terimbas parah oleh pandemi Corona.

Son pun mengaku akan lebih berhati-hati mengucurkan uang. Namun demikian, ia tetap melihat masa depan lebih cerah. Misalnya, startup sewa penginapan Oyo bisa diuntungkan jika makin banyak hotel bergabung dengan platform mereka.

"Hotel kecil yang kesulitan bisa bergabung ke Oyo Group dan memanfaatkan teknologi mereka untuk mendapatkan konsumen," cetusnya.

Mengenai taksi online, dia mengakui Uber masih mengalami situasi sulit di Amerika Serikat. Namun Didi di China mulai pulih seiring dibukanya lockdown di sana. "Saya harap perusahaan yang lain juga demikian," harapnya.

Tontowi Pensiun


Simak Video "Buntut Corona, SoftBank Jual 198 Juta Lembar Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)