Sabtu, 21 Mar 2020 17:19 WIB

Google I/O 2020 Batal Total Gara-gara Virus Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
kantor google Google I/O 2020 Batal Total Gara-gara Virus Corona (Foto: detikINET/Rachmatunnisa)
Jakarta -

Google akhirnya membatalkan Google I/O 2020 secara total karena penyebaran virus corona yang semakin parah.

Maksudnya dibatalkan secara total di sini adalah acara tahunan terbesar Google itu benar-benar dibatalkan, bukan hanya acara fisik yang dibatalkan seperti pengumuman Google pada 3 Maret lalu.

"Kepedulian kami terhadap kesehatan dan keamanan pada developer, pegawai, dan komunitas lokal -- termasuk dengan aturan 'shelter in place' yang diterapkan oleh pemerintah Bay Area -- kami dengan sangat sedih tak akan mengadakan I/O dalam bentuk apa pun tahun ini," tulis Google dalam pernyataan mereka di situs resmi I/O.

"Saat ini, hal yang paling penting bagi kami adalah mengalihkan perhatian untuk membantu orang dengan semua tantangan yang kita hadapi. Kami akan tetap berkomitmen untuk menemukan cara lain untuk membagikan pembaruan platform untuk anda melalui blog developer dan forum komunitas," tambah Google.


Konferensi I/O 2020 sejatinya akan diadakan pada 12-14 Mei 2020. Pada konferensi ini Google biasanya memamerkan semua fitur baru yang akan dihadirkan ke Android dan berbagai layanan Google lainnya.

Mereka juga biasanya akan meluncurkan bermacam perangkat baru di ajang tahunan tersebut. Namun kini dengan dibatalkannya I/O, belum jelas bagaimana mereka akan melakukan bermacam peluncuran dan pengumuman tersebut.

I/O hanyalah satu dari sekian banyak konferensi teknologi yang dibatalkan, ditunda, atau diubah jadwalnya gara-gara penyebaran virus corona. Sebelumnya Apple pun resmi membatalkan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020, dan mengubahnya menjadi acara yang dilakukan secara online. Event teknologi dunia yang pertama dibatalkan karena wabah virus corona adalah Mobile World Congress (MWC) 2020 di akhir Februari lalu.



Simak Video "Google Akui Orang Indonesia Doyan Ngobrol dengan Asistennya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)