Sabtu, 22 Feb 2020 15:06 WIB

Ponsel 5G Diprediksi Meroket di Tahun Ini, Tapi ...

Agus Tri Haryanto - detikInet
Smartphone Ponsel 5G Diprediksi Meroket di Tahun Ini, Tapi ... Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pengapalan ponsel 5G pada tahun 2019 masih terbilang baru awal. Sebab di tahun 2020 pengiriman ponsel 5G akan meroket yang diperkirakan sampai 200 juta unit.

Prediksi yang diungkapkan oleh Strategic Analytics ini menuturkan pada tahun kemarin tercatat ada 19 juta ponsel 5G yang dikapalkan. Strategic Analytics menyebutkan pengapalan smartphone secara global di 2019, 15% di antaranya kategori ponsel 5G.

Adapun pasar besar yang meminati perangkat tersebut, seperti Amerika Serikat, China, Korea Selatan, Jerman, dan Jepang.

Seiring dengan banyaknya model yang diperkenalkan para vendor, Strategic Analytics memandang permintaan ponsel 5G akan meroket pada tahun ini.

Kendati begitu, ada tantangan besar dalam mencapai hal tersebut, tak lain dan tak bukan mewabahnya virus corona yang saat ini jadi kekhawatiran berbagai belahan dunia.

"Ketakutan terhadap coronavirus yang sedang berlangsung dan perlambatan ekonomi selanjutnya akan membatasi permintaan 5G secara keseluruhan ini," ujar Direktur Eksekutif Strategic Analytics Neil Mawston dikutip dari Cnet, Sabtu (22/2/2020).

"Wabah Covid-19 saat ini membatasi produksi smartphone di Asia, mengganggu rantai pasokan dan menghalangi konsumen mengunjungi toko ritel untuk membeli perangkat 5G baru di beberapa bagian China," kata Mawston menambahkan.

Strategic Analytics mengharap ada situasi saat ini akan berbanding terbalik pada pertengahan tahun ini, tentunya itu seiring dengan berkurangnya wabah virus corona.



Simak Video "Nggak Cuma Boyong Teknologi, Huawei Juga Transfer Ilmu Soal 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)