Selasa, 10 Des 2019 17:44 WIB

Blibli Dapat Sertifikasi Sistem Keamanan Data ISO/IEC 27001

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Blibli resmi mendapat sertifikasi ISO/IEC 27001 terkait sistem manajemen keamanan informasi, dan mengklaim jadi e-commerce pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi tersebut.

Sertifikasi ini didapat Blibli setelah menerapkan berbagai strategi, termasuk di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API), untuk memastikan keamanan datanya, baik korporat maupun pelanggan.

Seremonial sekaligus pengumuman sertifikasi tersebut dilakukan dalam acara yang digelar di Jakarta, Selasa (10/12/2019). Menurut Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli Ongkowijoyo, mereka adalah e-commerce pertama yang mendapat sertifikasi tersebut di Indonesia.

"Blibli ingin meningkatkan kesadaran seluruh stakeholder dalam industri e-commerce, mulai dari pelaku bisnis hingga pelanggan, tentang pentingnya keamanan data, bukan saja data pelanggan namun juga korporat," ujar Ongkowijoyo di acara tersebut.


Sertifikat ISO/IEC 27001 yang didapat Blibli ini dikeluarkan oleh British Standard Institution. Erna Damayanty, Managing Director BSI Indonesia menyebut aturan untuk mendapat sertifikat ini sangat ketat, dan proses untuk mendapatkannya pun terbilang panjang.

"Standar ini (ISO/IEC 27001) meminta perusahaan untuk menetapkan kontrol tertentu untuk keamanan informasi, baik terkait dengan data perusahaan atau terkait data pelanggan. Standarnya sendiri memperoleh pengakuan dan akreditasi internasional," ujar Erna.

Standar tersebut pada awalnya bernama British Standard 7799, yang kemudian diadopsi menjadi standar ISO yang diakui oleh 164 negara di dunia.



Blibli Dapat Sertifikasi Sistem Keamanan Data ISO/IEC 27001


Simak Video "Menkominfo Dukung E-commerce Majukan Ekonomi Digital dengan Rangkul UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)