Jumat, 28 Jun 2019 10:20 WIB

Apple Mau Guyur Rp 1,4 Triliun ke Japan Display

Anggoro Suryo Jati - detikInet
iPhone. Foto: Jack Taylor/Getty Images iPhone. Foto: Jack Taylor/Getty Images
Jakarta - Apple disebut akan menginvestasikan USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun ke Japan Display, salah satu penyuplai panel layar untuk Apple.

Suntikan dana ini kabarnya diberikan karena Japan Display tengah melakukan restrukturisasi di dalam perusahaannya. Investasi ini pun disebut sebagai langkah Apple untuk memindahkan pesanan panel LCD-nya dari China ke Japan Display.

Pesanan panel layar yang digarap oleh Japan Display saat ini mayoritas dipegang oleh Apple, yaitu sebesar 60%. Tampaknya, Apple pun adalah perusahaan yang bisa membuat Japan Display tetap hidup saat ini.


Ini bukan pertama kalinya Apple menggelontorkan banyak uang ke Japan Display. Sebelumnya Apple disebut yang paling banyak mengeluarkan uang untuk pabrik LCD Japan Display yang dibuat pada 2015 lalu.

Saat itu, perjanjian antara Apple dan Japan Display menyebutkan kalau perusahaan asal Jepang itu akan mengembalikan investasi Apple itu dalam persentase tertentu untuk setiap panel layar yang terjual, dan per Maret 2019 lalu, Japan Display tercatat masih berutang USD 1,5 miliar kepada Apple.

Salah satu penyebabnya adalah banyaknya pabrikan ponsel yang kini beralih ke panel OLED, bukan panel LCD seperti yang dibuat di pabrik tersebut. Alhasil hanya setengah dari kapasitas produksi pabrik tersebut yang bisa dimanfaatkan.

Namun Apple saat ini masih mempunyai perangkat yang menggunakan panel LCD, seperti iPhone XR dan sejumlah seri lama iPhone, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Jumat (27/6/2019).

(asj/fyk)