Rabu, 12 Jun 2019 16:02 WIB

Pengapalan Ponsel 2019 Diprediksi Alami Penurunan

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Begitu banyak varian smartphone yang bakal dirilis hingga akhir tahun nanti. Tapi pengapalan ponsel justru diprediksi mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut tertuang dalam 2019 Internet Trends Report yang dikeluarkan Mary Mickel, analis Wall Street. Dia memperkirakan penurunan pengiriman ponsel global sebesar 4% dari 2018.




Selain soal ponsel, dalam laporannya Mary membeberkan penetrasi internet dunia. Saat ini setengah dari populasi dunia telah mengakses internet. Kendati masih ada 50% yang belum mengakses internet, semakin sulit untuk menjangkau pengguna baru.

Tercatat sebanyak 53% pengguna internet berada di kawasan Asia - Pasifik. Cina menjadi pasar internet tunggal terbesar di dunia dengan sekitar 0,8 miliar pengguna.

Mary turut memprediksi bisnis e-commerce secara global. Menurutnya transaksi penjualan di e-commerce melonjak 12,4% dari 2018.


Pengapalan Ponsel 2019 Diprediksi Mengalami PenurunanFoto: iStock


Kondisi ini tidak begitu berpengaruh pada bisnis ritel. Mary malah melihat adanya kenaikan 2% tahun ini.

Google dan Facebook menjadi dua perusahaan yang paling banyak meraih pendapatan dari online. Pun begitu pertumbuhan Amazon, Twitter, Snapchat dan Pinterest melampaui pemain besar.

Mary turut mencatat ada 2,4 miliar orang bermain game interaktif di seluruh dunia. Angka itu naik 6% dari tahun lalu.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed