Rabu, 20 Feb 2019 14:31 WIB

Tahun Ini Go-Jek Mau Digitalkan 35.000 UMKM Indonesia

Moch Prima Fauzi - detikInet
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta - Perusahaan ride hailing, Go-Jek, meluncurkan program Go-Jek Wirausaha untuk menjaring pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi. Tahun ini perusahaan yang didirikan Nadiem Makarim ini menargetkan bisa menjaring 35 ribu UMKM yang bergabung ke digital.

Ide awal dari program ini karena masih kurangnya kesadaran pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi untuk memperluas dan mengembangkan bisnisnya.

"Kami percaya basis UMKM yang besar di Tanah Air berpotensi untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun masih terdapat tantangan yang dihadapi oleh UMKM," kata Catherine Hindra Sutjahyo Chief Commercial Expansion Go-Jek di Jakarta, Rabu (20/2/2019).




Dijelaskan oleh Plt Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo Slamet Santoso, saat ini sebanyak 36% pelaku UMKM berada di kategori pure offline. 37% lainnya online dasar yang memanfaatkan website dan menengah yang berjualan di media sosial. Sementara untuk kategori UMKM advance dalam memanfaatkan digital baru 9%. Mereka adalah UMKM yang sudah merambah ke e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan lainnya.

"Kita harap apakah itu melalui Go-Pay, Go-Food, bisa mendorong teman-teman UMKM bisa bertransformasi ke digital," ujarnya.

Dari program Go-Jek Wirausaha ini pelaku UMKM akan mendapatkan bimbingan untuk memanfaatkan teknologi sekaligus tips berwirausaha bagaimana mereka mengembangkan dan mengelola bisnis.




Program ini sebenarnya telah dimulai sejak tahun lalu di 9 kota di Indonesia termasuk Jakarta. Go-Jek telah menjaring sebanyak 2.200 UMKM untuk go-digital. Sementara untuk tahun ini salah satu startup unicorn ini menargetkan 35 ribu UMKM di 14 kota di Indonesia.

Video: Perusahaan Unicorn Ini Dorong UMKM Analog Jadi Digital

[Gambas:Video 20detik]



"2019 target kami adalah ada 35 ribu pelaku UMKM bisa naik kelas," ungkap VP Public Affairs Go-Jek Astrid Kusumawardhani.

Sebagai informasi, program Go-Jek Wirausaha ini juga turut membantu target pemerintah dalam mendorong 8 juta UMKM di Indonesia yang diinisiasi Kominfo.




Tahun Ini Go-Jek Mau Digitalkan 35.000 UMKM Indonesia
(prf/krs)