Sabtu, 09 Feb 2019 16:40 WIB

Spotify Catat Keuntungan Rp 1,5 Triliun

Josina - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Spotify merilis laporan keuangan terbarunya di Q4 tahun 2018. Akhirnya, layanan streaming musik ini bisa menikmati keuntungan.

Tercatat, hingga akhir tahun Spoyify memiliki 207 juta pengguna aktif tiap bulannya. Angka tersebut naik dari 191 juta pada kuartal sebelumnya.


Lalu untuk pelanggan premiumnya naik dari sebelumnya 87 juta pengguna menjadi 96 juta. Sedangkan untuk pelanggan tidak berbayar juga naik dari sebelumnya 109 juta menjadi 116 juta.

Dilansir detikINET dari Engadget, Sabtu (9/2/2019), dengan naiknya pengguna Spotify memberikan dampak positif untuk pendaptan perusahaan asal Swedia ini. Spotify berhasil membukukan keuntungan mencapai 1,5 miliar euro atau sekitar Rp 23,7 triliun.

Dan untuk pertama kalinya laba operasional triwulanan Spotify mencapai 94 juta euro (Rp 1,5 triliun). Pencapaian Spotify yang begitu dramatis setelah sebelumnya mengalami kerugian 87 juta euro (Rp 1,3 triluin) yang dilaporkan pada Q4 2017.

Meningkatnya pertumbuhan Spotify ini tidak terlepas dari strategi promosi yang digencarkan pada akhir tahun 2018 untuk pengguna di Amerika Serikat.


Mereka melakukan promo bundling Spotify Premium untuk paket keluarga dan memberikan perangkat Google Home Mini secara gratis. Selain itu Spotify juga melakukan ekspansi ke berbagai negara di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Kini spotify semakin menguatkan posisi pertamanya dengan memiliki 96 juta pelanggan berbayar. Angka tersebut hampir dua kali lipat yang dimiliki pelanggan berbayar Apple Music sebesar 50 juta. (jsn/afr)