Senin, 08 Okt 2018 10:19 WIB

Grab Mau Disuntik Dana Segar Rp 7,6 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halte Grab. Foto: Kanavino/detikcom Halte Grab. Foto: Kanavino/detikcom
Jakarta - Grab dilaporkan akan mendapat kucuran dana segar dalam jumlah besar dari raksasa teknologi asal Jepang, Softbank. Jumlahnya sekitar USD 500 juta atau di kisaran Rp 7,6 triliun.

Grab menargetkan dana USD 1 miliar dalam pencarian dana terbarunya. Perusahaan berbasis di Singapura ini total telah mengumpulkan uang lebih dari USD 6 miliar dalam kurun waktu 6 tahun sejak berdirinya.

Pengucur dana besar untuk Grab antara lain Softbank, Didi Chuxing, serta Toyota. Softbank sendiri pertama kali mendanai Grab pada tahun 2014 dan terus berinvestasi sesudahnya. Saat ini, valuasi Grab diperkirakan sebesar USD 11 miliar.



Grab pun makin agresif mengembangkan layanan di luar transportasi seperti pengantaran makanan, transfer dan pembayaran digital. Pasar Asia Tenggara masih terbentang luas dengan populasi sekitar 640 juta orang.

"Grab ingin menjadi platform yang dominan di sini. Softbank jelas melihat mereka sebagai pemenang jangka panjang di pasar yang sangat besar ini," kata seorang sumber yang dikutip detikINET dari Reuters.

Sumber itu menyebutkan Softbank dan Grab sudah hampir mencapai kesepakatan soal pendanaan terbaru itu. Mungkin prosesnya akan selesai dalam beberapa minggu ini.

Dana segar itu tentu akan sangat membantu Grab memperkuat perusahaan sekaligus menangkal Go-Jek yang juga makin agresif. Go-Jek tengah berekspansi di Asia Tenggara setelah selama ini hanya bermain di pasar Indonesia.





Tonton juga 'Cerita Driver Taksi Online ke Turki Gratis Bermodalkan Kejujuran':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed