Rabu, 14 Feb 2018 00:40 WIB

Garuda Gandeng JD.id Rambah Bisnis e-Commerce

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: dok. JD.id Foto: dok. JD.id
Jakarta - Bisnis e-commerce jadi salah satu strategi baru maskapai Garuda Indonesia untuk meningkatkan pendapatan non-tiket alias ancillary revenue pada tahun 2018 ini yang dipatok target USD 54 juta.

Untuk mewujudkan rencana itu, Garuda pun menggandeng salah satu situs e-commerce JD.id untuk membuka kanal penjualan khusus yang bisa diakses melalui alamat GarudaShop.id.

Di dalam situs itu ditawarkan berbagai merchandise khusus Garuda Indonesia, serta berbagai barang kebutuhan perjalanan. Misalnya jam tangan, perhiasan, parfum, peralatan kecantikan, gadget, hingga merchandise menarik untuk anak-anak.

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansury, dari kerja sama dengan JD.id ini, Garuda berharap bisa membukukan pendapatan USD 1 juta atau setara Rp 13 miliar.

"Ini salah satu upaya kami untuk dapat manfaat dari pertumbuhan e-commerce di Indonesia," ujar Pahala dalam keterangannya yang dikutip detikINET, Rabu (14/2/2018).

Dalam hal ini, JD.id berperan sebagai pengembang serta operator kanal penjualan tersebut. Walau bisa diakses dari alamat sendiri, pengguna tetap membutuhkan akun JD.id untuk membeli barang yang ditawarkan.

Sementara itu Garuda segala urusan logistik bakal ditangani oleh Cargo Express, yakni layanan pengiriman udara milik maskapai pelat merah itu. Lalu setiap pengguna yang belanja di GarudaShop bakal mendapatkan poin GarudaMiles.

Garuda Gandeng JD.id Rambah Bisnis e-CommerceFoto: dok. JD.id


Direktur Marketing dan IT Garuda Indonesia Nina Sulistyowati menambahkan, sebenarnya ada beberapa e-commerce yang mengajukan tawaran. Tapi pihaknya akhirnya memilih JD.id sebagai rekan karena keunggulan yang ditawarkan.

"Kami memilih JD.id, karena pertimbangan keunggulannya. Salah satunya mereka menyanggupi kontrak dua tahun, dengan review per tahun, dan mengelola campaign-nya," terang Nina.

Sementara itu, President Director JD.id Zhang Li ikut menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, kemitraan strategis ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah kepada para penumpang Garuda dan para pelanggan JD.id secara lebih luas.

"Di JD.id para pelanggan selalu menjadi inspirasi kami untuk terus berinovasi dan memberikan sebuah pengalaman berbelanja online ke offline yang menarik dari ujung ke ujung. Kami percaya apa yang kita mulai hari ini akan menjadi sebuah standar terbaru untuk industri layanan, baik di sektor penerbangan maupun e-commerce di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, pada pertengahan 2017 lalu JD.id juga telah bekerja sama dengan anak usaha dari Garuda Indonesia, yaitu maskapai low cost Citilink dalam hal kolaborasi perdagangan online dalam penerbangan.

Melalui kerjasama tersebut, para penumpang Citilink bisa mendapatkan pengalaman berbelanja merchandise Citilink dan produk JD.id secara online di dalam pesawat. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed