BERITA TERBARU
Minggu, 14 Jan 2018 14:05 WIB

Toko Online Jack Ma Masuk Daftar Hitam AS

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma. Foto: Getty Images Jack Ma. Foto: Getty Images
Washington - Toko online Taobao milik Alibaba yang dikendalikan Jack Ma, masuk dalam daftar hitam atau blacklist yang disusun oleh lembaga perdagangan pemerintah AS, US Trade Representative atau USTR.

Dikutip detikINET dari Reuters, ini adalah tahun kedua berturut-turut Taobao berada dalam daftar tersebut. Alasannya karena maraknya barang palsu atau bajakan yang dijual di sana, yang dibantah oleh pihak Taobao.

Taobao adalah satu dari 25 toko online dan 18 toko fisik yang masuk daftar tahunan USTR. Taobao lolos sejak tahun 2012 sampai 2015, namun dimasukkan pada tahun 2016 dan 2017.

Meski tidak ada sanksi langsung, tetap saja hal ini merupakan berita negatif bagi Taobao dan induknya Alibaba. Sebab mereka tengah berupaya mengubah persepsi bahwa toko online-nya dipenuhi barang palsu yang melanggar hak cipta.

"Volume besar produk yang melanggar dilaporkan terus ditawarkan untuk dijual di Taobao dan pihak berwewenang terus melaporkan tantangan terkait penegakan properti intelektual di platform itu," sebut USTR.

USTR mengakui Alibaba sudah berupaya untuk menangkal peredaran barang palsu. Namun belum membuahkan hasil optimal.

Alibaba membela diri bahwa mereka sudah menanggulangi barang bajakan dengan hasil bagus. Antara lain dengan indikasi penurunan sampai 25% permintaan barang bajakan dihapus dari Taobao.

"Jelas bahwa sebanyak apapun aksi yang kami lakukan dan kemajuan yang kami dapatkan, USTR tidak begitu tertarik untuk melihat hasilnya yang nyata," sebut Michael Evans, presiden Alibaba Group.



Alibaba sebelumnya juga gagal melakukan aksi akuisisi perusahaan AS, Moneygram, karena ditolak regulator. Pemerintah AS kabarnya tidak ingin data yang dimiliki Moneygram diguanakn untuk memata-matai warganya. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.
  • Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Minggu, 27 Mei 2018 10:21 WIB
    Banyak yang menuding Ramos sengaja mencederai Salah agar tak dapat melanjutkan laga di final Liga Champions. Instagram sang kapten Madrid pun banjir hujatan.
  • Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Minggu, 27 Mei 2018 08:37 WIB
    Andy Rubin sedang kurang beruntung. Sang pencipta sistem operasi Android ini tertimpa beberapa kesialan semenjak ia memutuskan meninggalkan Google.