Rabu, 20 Des 2017 11:42 WIB

Nielsen: Harbolnas 2017 Cetak Transaksi Rp 4,7 Triliun

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Rachman Haryanto/detikcom Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang digelar pada 12 Desember kemarin mencatat total transaksi Rp 4,7 triliun.

Angka ini meningkat Rp 1,4 triliun bila dibandingkan Harbolnas pada 2016. Nilai Rp 4,7 triliun itu didapat berdasarkan data Nielsen untuk gelaran Harbolnas 2017.

Nielsen mencatat, terdapat kenaikan rata-rata penjualan hingga 4,2 kali dari hari biasa untuk 254 e-Commerce yang berpartisipasi.

Director Consumer Insight Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri menuturkan, peningkatan transaksi pada Harbolnas 2017 didorong adanya transaksi di luar Pulau Jawa yang meningkat 82%.

Sekitar 68% konsumen di ajang ini merupakan orang yang biasa belanja online dan mayoritas dari mereka mengatakan, Harbolnas 2017 cukup berhasil menarik konsumen yang pertama kali belanja online, yakni sekitar 5%.

Nielsen: Harbolnas 2017 Cetak Transaksi Rp 4,7 TriliunFoto: Nielsen


"Mengingat Harbolnas 2017 jatuh di hari kerja, maka aktivitas belanja juga sedikit bergeser ke jam 09.00 – 12.00, 15.00 – 21.00," kata Rusdy dalam keterangannya, Rabu (20/12/2017).

"Selain itu, kebanyakan dari mereka berbelanja menggunakan perangkat mobile (smartphone dan tablet) yaitu sekitar 77%, dan mereka mulai meninggalkan browser dalam berbelanja," sambungnya.

Panitia Harbolnas 2017 mengklaim, pencapaian tersebut tak hanya karena faktor diskon besar-besaran sampai 95%, melainkan juga partisipasi seller yang turut berkontribusi.

Faktor panitia beserta sejumlah mitra yang membantu seller dan di industri UMKM dengan memfasilitasi berbagai akses, seperti keamanan pembayaran, layanan logistik, dan promo cashback pun turut menyumbang kesuksesan ini.

Nielsen: Harbolnas 2017 Cetak Transaksi Rp 4,7 TriliunFoto: Nielsen


Pihak panitia tak menampik bahwa pelaksanaan Harbolnas 2017 sempat kembali diwarnai sejumlah oknum yang menyebarkan informasi yang tidak akurat. Namun mereka yakin, sebagian besar konsumen cukup puas dengan pelaksanaan Harbolnas tahun ini.

Achmad Alkatiri selaku Ketua Panitia Harbolnas 2017 mengatakan, pihaknya optimistis tujuan Harbolnas bisa memberi pengaruh dan kontribusi positif bagi pelaku industri ekonomi kreatif Indonesia.

"Kontribusi positif khususnya untuk brand lokal dan UKM tercapai. Sehingga industri e-Commerce di Indonesia semakin besar lagi, dan kesadaran masyarakat akan keamanan dan kenyamanan berbelanja online semakin meningkat," tutup Achmad. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed