Jumat, 16 Jun 2017 13:37 WIB

Akuisisi Tiket.com, Blibli: Biar Traveloka Gak Kesepian

Agus Tri Haryanto - detikInet
Peresmian akuisisi Tiket.com oleh Blibli. Foto: (Fitraya/detikTravel) Peresmian akuisisi Tiket.com oleh Blibli. Foto: (Fitraya/detikTravel)
Jakarta - Penyedia tiket online Tiket.com mendapat amunisi anyar dengan diakuisisi 100% oleh Blibli. Sokongan itu akan memperkuat posisi Tiket.com untuk menyaingi sang kompetitor seperti Traveloka.

Alasan di balik akuisisi antara lain mengingat persaingan yang sengit di layanan pemesanan tiket perjalanan online. Di samping itu sektor tersebut adalah lahan yang menggiurkan untuk digarap.

Saksikan video 20detik tentang Blibli akuisisi Tiket.com di sini:


Chief Executive Officer (CEO) Blibli Kusumo Martanto, menuturkan akuisisi Tiket karena mereka memiliki track record bisnis yang bagus, di mana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya.

"Kalau kita pemikirannya simpel aja, dengan produk semakin banyak, experience user-nya banyak, costumer care makin bagus, itu tentunya menambah transaksi yang ada. Kalau mengejar Traveloka? Ngapain kejar-kejaran ya, biar sama-sama. Kasian mereka sendirian nanti kesepian, jadi mesti kita temenin," ungkap Kusumo di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Pasca pencaplokan, Blibli akan memberikan dukungan penuh terhadap Tiket.com, baik dari sisi share inventory, program penjualan, promosi termasuk penetrasi ke media sosial, serta memperkuat tim atau Sumber Daya Manusia (SDM).

"Blibli optimis dari sisi bisnis akan terjadi pertumbuhan secara organik dan non-organik sebanyak 2,5 kali pada semester dua tahun ini," ungkap Kusumo mengenai target pada tahun 2017.

Ked epannya Blibli tidak menutup kemungkinan untuk ekspansi produk lain ataupun melakukan aksi korporasi lagi. Agenda terdekat saat ini, Blibli memfokuskan diri mengembangkan kedua perusahaan ini sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan travel dan online shopping bagi konsumen domestik atau internasional.

Bersamaan dengan akuisisi ini, ditujuk pula Chief Executive Officer (CEO) Tiket baru yang kini dipegang oleh George Hendrata. Sebagai informasi, George saat ini menjabat sebagai Chairman BMJ, perusahaan kertas ketiga terbesar di dunia. Ia juga menduduki posisi Direktur Pengembangan/Diversifikasi Bisnis Djarum.

Sebagai nahkoda baru Tiket.com, George mengupayakan mencapai target pertumbuhan yang dicanangkan Tiket.com pada tahun 2017 setelah diakuisi oleh perusahaan e-commerce lokal tersebut. (fyk/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed