Sabtu, 04 Jul 2015 15:38 WIB

Data Center Tier-4 Mulai Dibangun di Cikarang

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Jakarta - Multipolar Technology melalui anak usahanya, Graha Teknologi Nusantara (GTN), mulai melakukan groundbreaking pembangunan GTN Data Center Tier 4 Ready seluas 2.000 meter persegi di kawasan Lippo Cikarang.

GTN Data Center yang hadir dengan konsep green data center ini mengadopsi Japanese design yang ramah lingkungan dan hemat energi. GTN Data Center diharapkan siap beroperasi pada April 2016.

Menurut Komisaris Multipolar Technology Harijono Suwarno, bisnis layanan data center adalah bisnis kepercayaan, yang sangat kritikal dalam menjamin operasional tanpa gangguan.

"Kami telah melakukan rancang bangun dengan seksama, memilih infrastruktur yang andal dan jaringan broadband berkecepatan tinggi, serta penyempurnaan pada sistem keamanan tingkat tinggi dengan 7 lapisan keamanan untuk data center ini," kata Harijono dalam keterangannya, Sabtu (4/7/2015).

GTN Data Center nantinya menawarkan layanan co-location/penyewaan rak, managed services, dan program inkubasi bagi perusahaan start up dengan keterbatasan sumber daya.

Prospek GTN Data Center diyakini sangat menjanjikan, dan membuka peluang investasi bagi perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia yang membutuhkan data center dengan tingkat keamanan sangat tinggi, serta konektivitas tanpa hambatan.

“Untuk antisipasi tingginya kebutuhan pasar, khususnya di sektor finansial dan industrial, kapasitas rak GTN Data Center telah disiapkan hingga sekitar 20.000 rak. Ini akan menjadi salah satu data center co-location terbesar di dunia,” ujar CEO GTN Richard Kartawijaya.

Keunggulan GTN Data Center terletak pada strategi terpadu 3S yang diadopsi dari sistem manajemen mutu berkualitas tinggi dari Jepang, yaitu safe, stable, dan sustainable.

Safe yang dimaksud, lokasi yang strategis dan aman. Sedangkan stable dalam hal penggunaan sumber daya listrik rangkap/dual grid power supply untuk menjamin suplai daya yang stabil.

Sementara sustainable merupakan pemanfaatan Dynamic Rotary UPS/DRUPS dengan energi kinetik sebagai daya cadangan untuk menjamin tersedianya sumber daya yang terus menerus).

DRUPS merupakan alternatif solusi pengganti baterai yang bebas bahan beracun, hemat ruang UPS, tidak membutuhkan sistem pendingin, dan menjamin kualitas daya yang lebih baik.

Untuk tahap awal Multipolar Technology melalui GTN memulai membangun data center seluas 2.000 meter per segi yang berlokasi di Cikarang dengan investasi sekitar Rp216 miliar.

Setelah data center yang di Cikarang beroperasi, selanjutnya dalam dua tahun berikutnya akan kembali dibangun di Karawaci dengan luas yang hampir sama yaitu 2.000 meter per segi.

GTN Data Center merupakan proyek patungan dengan komposisi kepemilikan saham terdiri dari Multipolar Technology (65%), Mitsui Knowledge Industri (25%) dan Mitsui sekitar 10%.

(rou/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed