Fujitsu Genjot Komputasi Awan di 2011

Fujitsu Genjot Komputasi Awan di 2011

- detikInet
Rabu, 26 Jan 2011 10:03 WIB
Bali - Di Indonesia, sebagian orang lebih mengenal Fujitsu melalui produk notebooknya. Padahal, perusahaan asal Jepang ini sejatinya memiliki banyak lini produk dan ternyata, lebih banyak bermain di ranah IT services.

"IT services Fujitsu secara global berada di peringkat nomor tiga. Sedangkan untuk di Asia Pasifik, kami nomor satu," kata Presiden Director Fujitsu Indonesia, Achmad Sunuadji Sofwan, mengutip data firma riset Gartner pada 2009.

Disebutkan olehnya, produk notebook hanya menempati porsi sebesar 18 persen dalam bisnis Fujitsu. Lahan terbesar yang digarapnya yakni IT services sebesar 62 persen.

Di acara media gathering Fujitsu Indonesia di Kuta, Bali, 25-26 Januari 2011 itu, Achmad pun memaparkan landasan strategi bisnisnya di 2011, yakni dengan mengandalkan layanan komputasi awan.

Tidak main-main, dari bisnis ini Fujitsu menargetkan meraih pendapatan global hingga USD 17 miliar. Selain itu, pada tahun fiskal ini, Fujitsu juga mengivestasikan USD 1,1 miliar di berbagai bidang bisnis terkait dengan komputasi awan.

"Saat ini jasa komputasi awan mendatangkan sekitar USD 14 juta bagi Fujitsu, terutama dari jasa infrastruktur sebagai layanan Infrastructure as a service. Di masa depan, sebagian besar pendapatan tersebut datang dari jasa konsultasi, integrasi, dan model-model lain konsumsi awan," tandasnya.
(rns/ash)