Pendiri YouTube Mundur dari Jabatan CEO

Pendiri YouTube Mundur dari Jabatan CEO

- detikInet
Minggu, 31 Okt 2010 10:59 WIB
Jakarta - Chad Hurley jadi pendiri YouTube terakhir yang masih punya jabatan sejak diakuisisi oleh Google. Kini, Hurley pun melepaskan posisinya sebagai CEO.

YouTube didirikan oleh tiga serangkai Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Sejak 2008, para pendiri itu satu demi satu pergi.

Hurley boleh dibilang adalah pendiri YouTube yang paling terakhir masih punya posisi di situs berbagi video tersebut. Hurley terakhir menjabat sebagai CEO.

Kini, seperti dikutip detikINET dari FinancialTimes, Minggu (31/10/2010), Hurley pun akhirnya turun dari jabatan itu. Ia hanya memegang posisi non-eksekutif sebagai penasehat.

Sebelumya, pada 2008, CTO YouTube Steve Chen sudah terlebih dahulu meninggalkan YouTube untuk menduduki posisi lain di Google. Sedangkan Karim, pria keturunan Pakistan - Jerman, telah meninggalkan YouTube sejak 2006.

Pengganti Hurley sebagai CEO adalah Salar Kamangar. Jagoan iklan online dari Google ini ditempatkan di YouTube sejak 2008 sebagai 'pendamping' Hurley.

Menurut Hurley, peran Kamangar memang sudah dominan sejak itu. "Selama dua tahun terakhir, saya telah mengambil peran sebagai penasehat dan Salar Kamangar memimpin perusahaan dalam operasional sehari-harinya," tutur Hurley.

 



(wsh/rou)