Demi Cloud Computing, Rp 10 Miliar Mengalir ke ITB

Demi Cloud Computing, Rp 10 Miliar Mengalir ke ITB

- detikInet
Selasa, 19 Okt 2010 07:23 WIB
Jakarta - Potensi pasar yang besar dari cloud computing, turut menggoda Teknologi Riset Global (TRG) Investama untuk ikut mencicipi. Seperti diketahui, TRG Investama adalah pemilik sebagian saham di Solusindo Kreasi Pratama (Indonesian Tower) dan TRG.

"Cloud computing mirip dengan konsep berbagi infrastruktur. Setelah aktif di penyedian menara dan perangkat Wimax, kami melebarkan sayap ke cloud computing. Ini adalah peluang masa depan yang harus dioptimalkan anak bangsa," ungkap Direktur Utama TRG Investama Gatot Tetuko, di Jakarta, Senin (18/10/2010).

Di Cloud Computing sendiri TRG Investama akan mengeluarkan merek dagang Indonesian Cloud. Langkah pertama yang disiapkan oleh perusahaan ini untuk menggarap bisnis cloud komputing adalah menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan riset tentang konten-konten spesifik berkaitan dengan cloud computing.

Menurut Gatot, pihaknya telah menggelontorkan dana Rp 10 miliar untuk program tersebut hingga jangka waktu tiga tahun mendatang. Indonesian Cloud sendiri diharapkan sudah bisa hadir di pasar dalam satu tahun ke depan.

"Kami memiliki keunggulan independen sebagai perusahaan cloud computing. Ini unik karena pemain besar yang sudah memiliki bendera. Posisi independen membuat kita bebas untuk bekerjasama dengan semua lapisan. Bidikan utama adalah pasar pemerintah dan Usaha Kecil Menengah (UKM)," tandasnya.

(rou/wsh)