Jumat, 15 Nov 2019 13:29 WIB

Target Alibaba Meleset, Jack Ma Salahkan Hari Senin

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma. Foto: Reuters Jack Ma. Foto: Reuters
Hangzhou - Pesta diskon Single's Day baru-baru ini dimanfaatkan betul oleh Alibaba. Namun demikian, menurut sang pendiri Jack Ma, apa yang dicapai oleh raksasa e commerce itu belum memuaskan baginya.

Dikutip detikINET dari CNBC, Alibaba meraih USD 38,3 miliar dalam penjualan barang selama 24 jam hari jomblo tersebut, yang merupakan rekor baru dan melebihi perkiraan.

Jack Ma yang sudah pensiun ternyata masih sangat memperhatikan perusahaannya. "Apa yang ingin saya katakan adalah penjualan Single's Day tahun ini tidak mencapai ekspektasi saya," kata dia.


Namun demikian, ia mengaku sudah cukup senang. "Angka yang dicapai 11.11 melebihi perkiraan dan di atas apa yang diharapkan orang dari ekonomi saat ini," cetus Ma.

Wall Street telah memprediksi bahwa 11.11 di China akan tumbuh 20%, tapi pertumbuhan Alibaba mencapai 25% lebih. Tidak sesuai ekspektasinya, Ma menyalahkan cuaca panas dan hari Senin sebagai sehingga potensi orang belanja berkurang.

"Ada beberapa alasan, salah satunya cuaca terlalu panas. Pakaian terjual lebih banyak saat udara dingin. Alasan lainnya adalah jatuh pada hari Senin," katanya dalam video.

Ma pun berharap pemerintah akan memberi separuh hari libur saat Hari Jomblo. Dengan demikian, mereka bisa fokus belanja dan mencari diskonan di toko online.



Simak Video "Tuai Kritikan, Jack Ma Jelaskan Soal Sistem Kerja ''996''"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)