Netter Indonesia Habiskan 23 Menit per Hari Nonton Video

Ngopi Bareng detikINET

Netter Indonesia Habiskan 23 Menit per Hari Nonton Video

- detikInet
Selasa, 10 Mar 2015 20:46 WIB
Aris Sudewo (ketiga dari kiri)
Jakarta -

Menonton video menjadi bagian dari keseharian netter saat ini. Telkomsel mencatat, semakin banyak pengguna internet mobile menonton video setiap harinya.

"Netter behavior pelanggan Telkomsel, satu dari lima orang mengakses YouTube setiap hari. Sebanyak 20% konsumsi data mereka untuk melihat video. Ada yang lihat YouTube, streaming," kata General Manager Digital Lifestyle Marketing Telkomsel Aris Sudewo dalam acara Ngopi detikINET di Blitz Megaplex Pacific Place, Selasa (10/3/2015).

Hobi menonton video ini dikatakannya memperlihatkan betapa tingginya konsumsi data untuk video. Rata-rata pelanggan Telkomsel menghabiskan waktu 23 menit untuk menonton video.

Telkomsel juga menemukan fakta, data konsumsi terbanyak adalah di jam sibuk, yakni pada pukul 6- 9 pagi. Di jam-jam ini, konsumsi data rata-rata mencapai 5,6 GB per detik.

"Jadi buat kalian yang mau upload video di YouTube misalnya, mungkin bisa coba di jam-jam sibuk itu narik viewers, karena lagi banyak-banyaknya yang nonton video," saran Aris.

Ditambahkannya, jumlah orang yang menonton video akan menurun di kisaran jam 12 siang. Pasalnya, kebanyakan di jam tersebut pengguna internet sedang makan siang atau nongkrong. Pada pukul 7-9 malam, akses video pun kembali ramai.

Menurut Aris, saat ini netter di Indonesia juga tak hanya menjadi penonton, tapi mulai banyak yang berkreasi membuat video kreatif. Para pembuat video kreatif itu adalah netter di rentang usia 25-34 tahun.

"Saat ini kategori people dan Vblogs paling tumbuh pesat, sekitar 139% per tahun," simpulnya

(rns/ash)