4G Telkomsel bakal Jelajah Kantor & Pemukiman

Ngopi detikINET

4G Telkomsel bakal Jelajah Kantor & Pemukiman

- detikInet
Jumat, 12 Des 2014 09:58 WIB
(tengah) Hendri Mulya Sjam (detikINET)
Jakarta -

Setelah resmi dikomersialisasi, ekspansi layanan 4G LTE merupakan harga mati bagi Telkomsel. Rencana penyebaran layanan internet super cepat ini pun sudah dicanangkan mulai dari pemukiman hingga perkantoran.

Hendri Mulya Sjam, Senior Vice President LTE Project Telkomsel mengungkapkan peluang mendapatkan kecepatan lebih dari 100 Mbps pada jaringan 4G LTE Telkomsel di tahun 2015.

"Selain outdoor, prioritas perluasan jaringan 4G LTE Telkomsel juga bakal fokus di area indoor," kata Hendri dalam acara Ngopi bareng detikINET bertajuk 'Mobile 4G Unjuk Gigi' di Senayan City, Jakarta, Kamis (11/12/2014) malam.

Sebab pelanggan Telkomsel yang sudah menembus angka 140 juta, banyak yang beraktivitas di area indoor seperti gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

"Sedangkan untuk area outdoor, Telkomsel akan memperioritaskan jangkauan jaringan 4G LTE di daerah-daerah pemukiman," lanjutnya.

Layanan Telkomsel 4G LTE digelar di frekuensi 900 MHz dengan lebar pita sebesar 5 MHz, yang untuk saat ini memiliki kecepatan data akses mencapai 36 Mbps.

Frekuensi 900 MHz diyakini memiliki daya pancar lebih besar, sehingga penetrasi sinyal Telkomsel 4G LTE akan dapat menjangkau sampai ke dalam gedung/rumah untuk area perkotaan dan menjangkau area yang jauh untuk di luar perkotaan.

Untuk tahap awal, Telkomsel telah mengerahkan lebih dari 200 BTS 4G untuk meng-cover wilayah Jakarta dan Bali. Pelanggan akan dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE di 200-an lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di dua kota ini.

Di Jakarta, Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi secara outdoor yang meliputi beberapa area di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur antara lain Bandara Sukarno Hatta, Area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M.

Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, Kota Kasablanka dan lainnya.

Di Bali, jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup sekitar 90% wilayah kota Denpasar yaitu di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol dan Sanur serta 80% wilayah kabupaten Badung meliputi kawasan Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK hingga sebagian kawasan Uluwatu.

Untuk jaringan indoor terdapat di kawasan bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall Kutabex. Layanan Telkomsel 4G LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan Diponegoro.

(ash/ash)