Senin, 20 Mar 2017 08:24 WIB

Palapa Ring Paket Barat Dikebut Kelar Desember 2017

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: agus/detikINET Foto: agus/detikINET
Pontianak - Kabar baik untuk Indonesia bagian barat, terutama di daerah pelosoknya, Palapa Ring Paket Barat akan dikebut penggarapannya hingga bisa selesai lebih cepat dari yang ditargetkan.

Sebelumnya proyek pembangunan jaringan serat optik tulang punggung itu di wilayah Indonesia bagian barat telah dikerjakan 60%. Sementara sisanya tengah dikebut oleh pemerintah yang dikoordinasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Bila sebelumnya Palapa Ring Paket Barat diharapkan selesai pada tahun 2018, namun Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa itu bisa lebih cepat lagi proses pembangunannya.

"Paket Barat Insya Allah lebih cepat tadinya semester pertama 2018, kita majukan akhir tahun 2017, mudah-mudahan Desembernya selesai," ungkap Rudiantara di acara roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Balai Petitih, Kantor Kalimantan Barat, Pontianak, Minggu (19/3/2017).

Rudiantara menjelaskan Palapa Ring adalah membangun bagaimana memastikan pada tahun 2019 itu semua ibu kota kotamadya dan kabupaten seluruh Indonesia terhubung akses internet kecepatan tinggi.

"Itu konsepnya, karena sekarang ini baru 400-an ibu kota kabupaten kotamadya yang punya akses internet kecepatan tinggi. Karena Indonesia itu semuanya, bukan 400-an ibu kota kabupaten kotamadya," ungkapnya.

Sebab masih ada kesenjangan digital antara Indonesia di wilayah barat dengan timur dilihat soal kecepatan akses internetnya. Dikatakan Rudiantara bila di daerah barat Indonesia masih bisa merasakan koneksi 3 Mbps, maka daerah Ambon sampai Papua kecepatan internetnya sekitaran 300 Kbps.

"Tapi mereka (Indonesia timur) membayar per megabitnya lebih mahal. Sudah lemot, mahal lagi. Makanya 2019 perbedaan akses internet untuk ibu kota kabupaten seluruh Indonesia sama, begitu juga harganya," tutur Rudiantara.

"Bila Menteri ESDM punya konsep sama per liternya, Menteri Perhubungan dengan tol laut untuk mengangkut barang dan manusia, maka (Menkominfo punya) Palapa Ring sebagai tol informasi," ucap pria yang disapa Chief RA ini.

(yud/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed