BERITA TERBARU
Sabtu, 04 Feb 2017 13:24 WIB

XL Klaim Sinyalnya Mampu Menembus Gedung

Yudhianto - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sejak menerapkan teknologi baru di menara-menara BTS miliknya, XL mengklaim jaringannya makin kuat. Bahkan pelanggan tak perlu khawatir kehilangan sinyal meski berada di dalam ruangan.

Adapun teknologi yang dimaksud adalah 4x4 MIMO yang menggandakan jumlah cabang antena BTS dari yang tadinya 2x2 menjadi 4x4. Dengan begitu kekuatan jaringan yang disodorkan menjadi lebih luas dan juga lebih kuat. Sehingga bisa menembus tembok-tembok rumah atau gedung.

"Kalau dulu mungkin sinyalnya cuma sampai di teras rumah, sekarang bisa sampai kamar. Karena jaringannya lebih kuat, pakai empat antena," kata Budi Harjono, VP Network & Planning XL, Jumat petang (3/2/2017).

"Malah dalam gedung kita paling advance dibanding pesaing. Banyak gedung di Jakarta yang sudah kita cover," imbuhnya.

Sejauh ini implementasi teknologi 4x4 MIMO telah diterapkan di jaringan XL di wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan sejumlah kota lainnya di Jawa Tengah. Selain itu upgrade jaringan XL ini juga menjadi jalan bagi operator biru ini menuju era 4,5G.

Dengan BTS berteknologi 4,5G yang mulai digunakannya itu, XL mengklaim mampu menaikkan kecepatan data di layanannya hingga 30% lebih besar dari yang mampu disodorkan teknologi 4G yang ditawarkannya saat ini.

Tapi, mulai diterapkannya 4,5G bukan berarti jaringan 4G berhenti dikembangkan. XL berencana menjalankan teknologi Carrier Aggregation (CA). Penerapannya nanti akan memanfaatkan frekuensi 1800 MHz dan 2100 Mhz. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, XL masih bergantung pada kepadatan jaringan 3G yang dimilikimya saat ini.

"CA akan menggunakan 1800 MHz dan 2100 MHz, saat ini kami masih trial. Ke depan akan kami kembangkan, tapi masih menunggu space 3G sampai agak kosong, baru kita terapkan CA," pungkas Budi. (mag/mag)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Organda Protes Tarif Murah Ojek Online

    Organda Protes Tarif Murah Ojek Online

    Sabtu, 25 Mar 2017 19:19 WIB
    Alasan umum masyarakat memilih menggunakan ojek online adalah tarif yang terbilang cukup murah. Lantas, bagaimana Organda menyikapinya?
  • Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

    Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

    Sabtu, 25 Mar 2017 16:46 WIB
    Selain dipakai untuk mengirim dan menerima pesan instan melalui akun Google Talk, aplikasi Hangouts tadinya juga bisa dipakai untuk menerima pesan SMS.
  • Nokia Siap Serbu 120 Negara

    Nokia Siap Serbu 120 Negara

    Sabtu, 25 Mar 2017 14:45 WIB
    Baru bangkit tak menghentikan Nokia menginvasi pasar dunia. Merek asal Finlandia ini disebut bakal hadir di lebih dari seratus negara di dunia.