BERITA TERBARU
Jumat, 03 Feb 2017 20:35 WIB

Perluas Jaringan, XL Siapkan Dana Rp 7 Triliun

Yudhianto - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Belanja modal lumayan besar disiapkan XL Axiata untuk menggeber jaringan di 2017 ini. Operator seluler itu mengaku telah menyiapkan dana sebesar Rp 7 triliun. Tapi sejatinya dari angka tersebut hanya sebesar 80% yang dialokasikan untuk perluasan jaringan dan peningkatan kualitas.

Menurut Budi Harjono, Vice President Network & Planning XL, persentase terbesar akan dipegang oleh peningkatan kualitas jaringan. Sekitar 30%-40% akan digunakan untuk peningkatan radio untuk jaringan 3G dan 4G.

Kemudian 25% lagi dialokasikan untuk transport, seperti backbone kabel fiber bawah laut atau transmisi lainnya. Sementara sisanya digunakan untuk kebutuhan lain-lain.

"Kebagian 80% dari Capex. Mayoritas 30%-40% digunakan untuk peningkatan radio, paling besar. Kemudian untuk transport backbone, itu 25%," jelas Budi, di kantornya, Jumat (3/2/2017).

Lebih lanjut, di 2017 ini XL juga punya rencana untu menerapkan teknologi Carrier Aggregation (CA). Penerapannya nanti akan memanfaatkan frekuensi 1800 MHz dan 2100 Mhz. Namun untuk mewujudkan hal tersebut XL masih bergantung pada kepadatan jaringan 3G yang dimilikimya saat ini.

Maksudnya adalah, XL bisa menerapkan teknologi CA bila jaringan 3G yang dimilikinya saat ini sudah dianggap cukup lowong . Oleh karenanya operator ini mengajak pelanggan agar segera memanfaatkan jaringan 4G yang ditawarkan, sehingga bisa merasakan jaringan yang lebih efisien.

"CA akan menggunakan 1800 MHz dan 2100 MHz, saat ini kami masih trial. Ke depan akan kami kembangkan terus, tapi masih menunggu space 3G sampai agak kosong, baru kita terapkan CA," jelas Budi.

XL sendiri berharap bisa melipatgandakan jumlah pelanggannya dari yang ada sekarang. Jadi bila saat ini XL memiliki pelanggan sekitar 10 juta, maka di tahun 2017 dengan berbagai peningkatan kualitas dan perluasan jaringan, operator ini berharap bisa mendongkrak pelanggannya hingga 20 juta. (yud/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Organda Protes Tarif Murah Ojek Online

    Organda Protes Tarif Murah Ojek Online

    Sabtu, 25 Mar 2017 19:19 WIB
    Alasan umum masyarakat memilih menggunakan ojek online adalah tarif yang terbilang cukup murah. Lantas, bagaimana Organda menyikapinya?
  • Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

    Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

    Sabtu, 25 Mar 2017 16:46 WIB
    Selain dipakai untuk mengirim dan menerima pesan instan melalui akun Google Talk, aplikasi Hangouts tadinya juga bisa dipakai untuk menerima pesan SMS.
  • Nokia Siap Serbu 120 Negara

    Nokia Siap Serbu 120 Negara

    Sabtu, 25 Mar 2017 14:45 WIB
    Baru bangkit tak menghentikan Nokia menginvasi pasar dunia. Merek asal Finlandia ini disebut bakal hadir di lebih dari seratus negara di dunia.