Kamis, 12 Jan 2017 17:26 WIB

XL Mulai Geber Jaringan 4,5G

Yudhianto - detikInet
Foto: yud/detikcom Foto: yud/detikcom
Jakarta - Meski penyebaran teknologi 4G masih terus digeber, hal itu tak menghentikan operator di Indonesia untuk membenamkan teknologi baru. Salah satunya XL, operator 'biru' ini telah mulai mengimplementasikan 4,5G.

Untuk memungkinkan hal tersebut, XL menerapkan teknologi modulasi 4x4 MIMO 256 QAM (Quadrature Amplitude Modulation) di jaringannya. Rahmadi Mulyo Hartono, VP LTE XL mengklaim penggunaan teknologi ini mampu mendongkrak kecepatan data hingga 30% lebih baik.

Selain itu bukan berarti keuntungan teknologi 4,5G ini cuma bisa dirasakan eksklusif oleh ponsel yang mendukungnya. Menurut Rahmadi, pengguna perangkat 4G juga akan merasakan benefit yang sama. Selain kecepatan yang meningkat, kekuatan sinyal juga diklaim lebih kuat dengan penerapan 4,5G tersebut.

"Dengan teknologi ini sinyal juga bisa lebih kuat, sampai masuk rumah tetap dapat 4G. Karena antenanya pakai empat, jadi lebih kuat. Kalau sebelumnya pakai dua antenna," kata Rahmadi, di Grha Xl, di Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Tapi lebih dari itu alasan XL menawarkan teknologi 4,5G di jaringannya lantaran sejumlah wilayah yang dicakupnya memiliki beban yang cukup tinggi. Dijelaskan Budi Harjono, VP Network Develoment XL, ketimbang menambah jumlah BTS, penerapan teknologi 4,5 G dianggap jauh lebih efisien.

Apalagi demand 4G LTE terus meningkat di 2016. Dikatakannya, sekitar sepertiga pelanggan XL telah menggunakan jaringan 4G. Ditambah juga pertumbuhan perangkatnya juga terbilang masif, saat ini sudah ada 60% perangkat 4G yang beredar di pasaran.

"Kenapa implementasi ini (4,5G-red), karena di beberapa wilayah load-nya tinggi. Oleh sebabnya kami coba menambah kapasitas dengan (modulasi) 4x4 MIMO 256 QAM. Jadi bukan asal tambah tower, tapi memanfaatkan teknologi terbaru seperti ini. Diperkirakan (teknologi) 4G akan lebih cepat adopsinya dibanding ketika 3G," jelas Budi.

"Penggunaan modulasi 4x4 MIMO 256 QAM juga spectrum efficient. Karena spektrum adalah lahan yang harus kita gunakan sebaik-baiknya," timpal Rahmadi. (yud/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed