Selasa, 28 Apr 2015 15:01 WIB

Jokowi Segera Resmikan Palapa Ring di Papua

- detikInet
Presiden Joko Widodo. (detikcom) Presiden Joko Widodo. (detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan infrastruktur Palapa Ring jilid kedua yang digarap oleh Telkom‎ melalui pembangunan kabel optik Sulawesi-Maluku-Papua Cable Systems (SMPCS).

"Pak jokowi ke Papua minggu depan. Saya berangkat dari Jakarta minggu pagi, tapi acaranya minggu sore," kata Menkominfo Rudiantara saat ditemui di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Menurut menteri, pembangunan kabel optik dimulai dari Makassar, Maluku, baru kemudian di Merauke. "Setelah utara selesai, lanjut ke selatan. Tergantung kapalnya (untuk menarik kabel optik), cable laying ship‎," jelas Chief RA.

Telkom sebelumnya juga telah memastikan pembangunan kabel optik SMPCS yang menghubungkan Indonesia bagian Barat dengan Kawasan Timur Indonesia (KTI) akan selesai pada pertengahan 2015 ini.

“Proyek SMPCS kami upayakan tuntas akhir Mei ini. Dari situ, layanan Triple Play IndiHome bisa langsung digelar di KTI,” ungkap Direktur Utama Telkom Alex Janangkih Sinaga saat ditemui dalam kesempatan terpisah.

Pembangunan SMPCS yang dibangun Telkom melibatkan kabel laut sepanjang 5.444 km dan kabel darat sepanjang 655 km yang menggunakan teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM). Teknologi ini mampu menghadirkan jaringan dengan kapasitas bandwidth 32x100 Gigabytes per fiber pair-nya.

SMPCS merupakan kelanjutan dari pembangunan serat optik Mataram Kupang Cable System yang sudah dituntaskan pada 2011. Jalur yang digunakan untuk pembangunan serat optik sebagian besar masuk dalam rute Palapa Ring milik pemerintah.

"Bentuk jaringan broadband di KTI melingkar seperti sebuah cincin yang melintang dari utara hingga selatan. Proyek yang akan diselesaikan tersebut adalah proyek lingkar utara yang berada di Maluku," lanjut Alex.

Sementara, Direktur Network Telkom Abdus Somad Arief mengungkapkan, tahun ini pembangunan backbone kabel optik sepanjang 75.000 km di seluruh wilayah Nusantara rampung. Pembangunan backbone dari Timika ke Merauke membuat Indonesia memiliki tol kabel optik dari Sabang sampai Merauke hingga September.

(rou/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed