BERITA TERBARU
Rabu, 07 Jan 2015 16:48 WIB

Tarif Data Mau Tidak Naik? Coba Saja Solusi Ini

- detikInet
(ki-ka): Hasnul Suhaimi & Dian Siswarini (xl) (ki-ka): Hasnul Suhaimi & Dian Siswarini (xl)
Jakarta - Rencana para operator untuk menaikkan tarif data seluler mungkin saja bisa ditekan jika ‎ada aturan dari pemerintah untuk lebih menekan biaya seefektif mungkin. Salah satunya dengan solusi ini.

Menurut Dian Siswarini, Wakil Presiden Direktur XL Axiata, layanan data lebih tinggi komponen biayanya dibandingkan dengan layanan seluler tradisional seperti voice dan SMS. Apalagi trafik data harus disalurkan melalui bandwidth internasional yang tinggi biayanya.

"‎Bisnis data jauh lebih rendah dibanding voice, karena margin rendah kita harus tekan cost sebesar mungkin," kata Dian dalam jumpa pers usai RUPSLB di Grha XL, Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Caranya, menurut Dian, untuk menekan biaya tinggi itu operator seharusnya ‎bisa mengadopsi‎ infrastruktur sharing, seperti sharing tower, sharing fiber dan terakhir sharing frekuensi.

"Sehingga ‎efisiensinya bisa jauh lebih besar‎. Itu pun kalau pemerintah membolehkan. Sayangnya, sampai sekarang policy-nya belum ada‎. Tapi kalau dibolehkan, kita mendukung‎," jelasnya.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi menambahkan, dengan sharing infrastruktur dan sharing frekuensi itu operator bisa mendapatkan kapasitas lebih besar dan lebih efisien.

"Misalnya, operator A punya 5 MHz dan XL 5 MHz. Kalau digabung bukannya jadi 10 MHz, tapi bisa jadi 14 MHz. Tambahannya bisa sampai 40% dan ada pelanggaran kapasitas. Kita belum dapat izin, tapi semoga saja Pak Rudiantara (Menkominfo) setuju," kata Hasnul.

Menkominfo Rudiantara sendiri sebelumnya telah mendorong Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) untuk mengkaji pemanfaatkan sharing infrastruktur. Namun untuk sharing frekuensi, ia belum memberi restu.

(rou/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.