Kamis, 24 Jan 2013 10:01 WIB

Huawei Raup USD 35,3 Miliar di 2012

- detikInet
Ilustrasi (Ist.) Ilustrasi (Ist.)
Beijing - Huawei sepertinya cukup puas dengan performa bisnisnya pada tahun 2012 lalu. Tercatat, penjualan global vendor telekomunikasi asal China itu meningkat 8% menjadi USD 35,3 miliar, sedangkan keuntungan bersih sebesar USD 2,4 miliar atau meningkat 33% dari tahun sebelumnya.

Menurut Cathy Meng, Chief Financial Officer Huawei, perusahaan telah mencapai keberhasilan pertumbuhan yang efektif pada tahun 2012 dengan fokus kepada kebutuhan pelanggan, merapikan kinerja manajemen, dan meningkatkan efisiensi. Cathy pun yakin akan prospek perkembangan industri ke depan.

"Kami memperketat pengawasan pengeluaran Beban Umum dan Administrasi (General & Administrative), menyediakan lebih banyak sumber penghasilan untuk mendukung peningkatan garis depan, dan menjamin kemajuan berkesinambungan pada mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan," jelasnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (24/1/2013).

Huawei mengaku, inovasi yang berkelanjutan demi kebutuhan pelanggan juga menjadi penggerak penting bagi perkembangan mereka.

Secara keseluruhan, Huawei telah menanamkan USD 19,3 miliar untuk pengembangan divisi Litbang dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, termasuk di antaranya penanaman modal sebesar USD 4,8 miliar pada tahun 2012, memakan lebih dari 13% pendapatan pada tahun tersebut.

Tiga kelompok usaha Huawei melanjutkan pertumbuhan yang mantap. Kelompok Carrier Network Business Huawei, sebuah kelompok bisnis tradisional yang kuat, hingga kini menjadi pemimpin industri, dengan pendapatan penjualan USD 25,7 miliar.

Kelompok Consumer Business Huawei konsumen mencatat pendapatan penjualan setinggi USD 7,7 miliar, dengan penjualan terus meningkat di berbagai pasar berkembang di daratan Eropa dan Jepang.

Kelompok Enterprise Business Huawei mengembangkan prestasi dan memenangkan berbagai kontrak, menaikkan pendapatan penjualan hingga USD 1,8 miliar.

Sementara dari sisi demografi, 66% dari total pemasukan Huawei berasal dari luar negara Cina. Di antara pendapatan luar negeri, pendapatan di Asia Pasifik meraih USD 6 miliar, sedangkan di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika mencatat pemasukan sebesar USD 12,4 miliar, dan pendapatan di Amerika mencapai USD 5,1 miliar. Pasar dalam negeri Cina mencatat pendapatan USD 11,8 miliar.

Cathy menandaskan, untuk tahun depan pun berharap pendapatan Huawei mampu meningkat 10-12% pada tahun 2013.

(ash/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed