Selasa, 07 Ags 2012 18:59 WIB

Pengguna Internet Indonesia Tembus 80 Juta di 2014

- detikInet
Ilustrasi (tyo/inet) Ilustrasi (tyo/inet)
Surabaya - Dengan pengiriman Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) ke seluruh kecamatan di Indonesia, pemerintah berharap hingga akhir tahun 2014, pengguna internet di Indonesia bisa tembus 80 juta. Sementara hingga saat ini, netter Tanah Air baru mencapai 50 juta.

Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring, MPLIK yang kini tengah digenjot pengirimannya ke seluruh kecamatan hanya sebagai bentuk sosialisasi yang selanjutnya bisa dilanjutkan pihak swasta.

\\\"Pengguna internet sekarang 50 juta di seluruh Indonesia. Kita harapkan di 2014 meningkat sampai 80 juta, di antaranya MPLIK ini sebagai upaya sosialisasi kita terhadap masyarakat terhadap pentingnya informasi terkini. Karena inforomasi itu mencerdaskan,\\\" tuturnya kepada wartawan usai melepas pengiriman 64 MPLIK di Dermaga Ujung Koarmatim TNI AL, Selasa (7\/8\/2012).

Tifatul mencontohkan, seperti program desa berdering yang sudah dilakukan sebelumnya. Dalam program tersebut, Kominfo hanya membangun jaringan sebanyak 50%, sedangkan 50% sisanya dibangun oleh pihak swasta.

\\\"Sehingga coverage <\/em>ponsel saat ini sudah 94% seluruh indonesia. Tapi kalau tertutup gunung atau gedung itu urusan lain lagi,\\\" ujarnya.

Selain itu, politisi PKS ini juga mengungkapkan vendor yang memenangkan tender MPLIK, yakni PT Telkom, bisa menarik biaya Rp 1.000-Rp 3.000 dan diwajibkan memberikan pelatihan kepada masyarakat terhadap internet dan komputer yang semuanya juga tertuang dalam kontrak kerja.

\\\"Tapi saat saya meresmikan MPLIK di Kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia itu, anak-anaknya sudah pada jago internetan<\/em>. Tapi vendor tetap harus dan wajib memberikan pelatihan,\\\" pungkas Tifatul.

(ze/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Fuji Xerox Rilis 14 Mesin Cetak Multifungsi

    Fuji Xerox Rilis 14 Mesin Cetak Multifungsi

    Sabtu, 21 Jan 2017 09:54 WIB
    Fuji Xerox rilis 14 model mesin cetak multifungsi berwarna seri ApeosPort-VI C dan DocuCentre-VI C bagi segmen perkantoran skala kecil, menengah dan besar.
  • Menkominfo Bertemu Google, Bahas Pajak?

    Menkominfo Bertemu Google, Bahas Pajak?

    Jumat, 20 Jan 2017 20:43 WIB
    Usai merilis ponsel Digicoop, Menkominfo Rudiantara langsung buru-buru meninggalkan lokasi acara. Kabarnya, pria berkacamata itu akan bertemu perwakilan Google.
  • KPPU Soroti Persaingan di Telekomunikasi

    KPPU Soroti Persaingan di Telekomunikasi

    Jumat, 20 Jan 2017 20:04 WIB
    KPPU mencium adanya potensi persaingan usaha tidak sehat di industri telekomunikasi belakangan ini. Apalagi sejak ramai debat interkoneksi dan network sharing.
  • Digicoop Bakal Punya Varian RAM 6 GB

    Digicoop Bakal Punya Varian RAM 6 GB

    Jumat, 20 Jan 2017 19:38 WIB
    Digicoop bukan satu-satunya ponsel yang bakal dibesut Koperasi Digital Indonesia Mandiri. Ada ponsel lain yang juga disiapkan, salah satunya mengusung RAM 6 GB.