Kamis, 15 Des 2011 15:57 WIB

Indonesia Internet Exchange Membuka Diri

- detikInet
Jakarta - Setelah 15 tahun didirikan, Indonesia Internet Exchange (IIX) membuat tonggak sejarah baru dengan membuka peering bagi perusahaan anggota NIR (IDNIC) dan Internet Exchange lain. Sebab pada awalnya IIX hanya membuka peering bagi ISP/NAP anggota Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Namun seiring dengan keinginan untuk meningkatkan trafik lokal serta memperbaiki layanan internet di Indonesia, akhirnya IIX membuka diri untuk menerima peering dengan perusahaan selain ISP/NAP. Hanya saja syaratnya perusahaan tersebut telah memiliki IP dan AS Number dari IDNIC

Menurut Irvan Nasrun, Ketua Bidang IIX & Data Center APJII, saat ini trafik lokal IIX berkisar antara 4-6 Gbps. Tapi dengan adanya kebijakan baru ini diharapkan trafik lokal IIX akan meningkat 10 kali lipat dalam jangka waktu 1 tahun ke depan.

Beberapa portal besar -- seperti Detikcom dan lainnya -- dengan adanya kebijakan baru ini bisa langsung terkoneksi ke IIX APJII. Begitu pula dengan Internet Exchange yang ada di Indonesia seperti OPENIXP, Nusantara Internet Exchange (NIX), Biznet Internet Exchange (BIX), MCSIX, dan lainnya bisa terhubung dengan IIX APJII.

"Indonesia Internet Exchange merupakan tempat terhubungnya berbagai ISP (Internet Service Provider) dengan maksud menyatukan lalu lintas antar ISP di Indonesia, sehingga tidak perlu transit ke luar negeri," jelas Irvan, dalam keterangannya, Kamis (15/12/2011).

Tujuan IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang punya kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan, untuk dipakai ISP yang memiliki izin operasi di Indonesia.

ISP yang tersambung ke IIX tak perlu membayar biaya lebar pita, hanya biaya sambungan fisik seperti serat optik, jalur nirkabel atau sewaan, yang berbeda-beda.

"IIX merupakan Internet Exchange pertama di Indonesia yang dibentuk oleh APJII. Pada saat ini IIX terdapat di kota Jakarta, Yogya, dan Surabaya, menyusul Bali, Medan, dan kota-kota lainnya," Irvan menandaskan.


(ash/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed