Selasa, 13 Des 2011 14:17 WIB

Mobil Internet, Sarana Masyarakat Desa Arungi Dunia Maya

- detikInet
Asahan, Sumatera Utara - Mobil berwarna biru muda ini memang berbeda dari mobil biasa. Terlihat di atapnya bercokol alat penangkap sinyal satelit. Bagian dalamnya pun bukan kursi penumpang melainkan laptop.

Mobil ini dinamakan MPLIK (Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan). MPLIK didesain khusus menyediakan akses internet mudah dan murah kepada masyarakat desa.

"MPLIK ini adalah suatu layanan mobile di desa yang tidak ada akses internetnya. Kami mengadakan tender untuk pengadaan mobil ini yang dimenangkan Lintasarta," ucap Syukri Batubara, Dirjen PPI Kominfo saat meresmikan Desa Informasi di Asahan, Selasa (13/12/2011).

Mobil didesain sedemikian rupa sehingga bisa menampung hingga 5 laptop. Di dalam mobil juga terdapat kursi untuk tempat duduk selama masyarakat mengakses internet.

Pembuatan mobil dan penyediaan akses internet menjadi tanggung jawab Lintasarta. Untuk Kabupaten Asahan, disediakan 4 unit MPLIK. Sedangkan di seluruh Indonesia, ditargetkan disebar 2.593 unit MPLIK.

"Mobil ini akan mendapatkan maintenance selama 4 tahun dengan anggaran dari Kominfo. Sesudah itu akan menjadi tanggung jawab Pemda," imbuh Syukri.

Pihak Lintasarta mengklaim kecepatan akses internet bisa mencapai 1 Mbps. Namun ketika dicoba menjelajah Facebook atau YouTube, akses internet berjalan cukup lambat.

Mobil MPLIK akan berkeliling secara berkala di Desa Informasi. Sasaran utama adalah sekolah-sekolah di mana para murid diharapkan bertambah wawasan dengan mengakses internet.

(fyk/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed