BERITA TERBARU
Jumat, 17 Feb 2017 18:51 WIB

Finalis The NextDev 2016 Sambangi Kantor Facebook

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Telkomsel Foto: Telkomsel
Jakarta -

Dua startup yang menjadi finalis The NextDev 2016, yaitu Tuntun dan Angkuts, bersama dengan Telkomsel melakukan management trip ke Singapura untuk mengunjungi beberapa perusahaan digital seperti Singtel Innov8 dan Facebook.

Perjalanan Tuntun dan Angkuts ke Singapura merupakan bagian dari apresiasi yang didapatkan oleh finalis dan pemenang The NextDev, yang terdiri dari Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Money, Monetization, dan Management Trip.

"Singapura merupakan salah satu negara yang menjadi sentral aktivitas bisnis perusahaan-perusahaan digital terkemuka di kawasan Asia Pasifik. Kunjungan kedua finalis The NextDev 2016 ke Singapura diharapkan bisa memberikan pengalaman berharga dan nilai tambah yang akan sangat berguna bagi pengembangan kompetensi dan kualitas mereka sebagai startup," Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan

Ditambahkan Adita dalam keterangan yang diterima detikINET, perjalanan ini diharapkan juga dapat memberikan inspirasi baru kepada anak muda Indonesia lainnya agar dapat terus berkarya memanfaatkan teknologi untuk kemajuan Indonesia.

Pada perjalanan ke Singapura, Tuntun dan Angkuts mengunjungi Facebook dan Innov8, dimana mereka mengikuti kelas mengenai pengembangan bisnis startup dari pelaku bisnis di ekosistem kewirausaaan berbasis teknologi serta mengamati langsung jalannya aktivitas operasional kedua perusahaan tersebut. Dalam sesi networking, mereka juga berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat serupa dalam wirausaha berbasis teknologi.

Innov8 merupakan anak perusahaan Singtel yang menitikberatkan investasinya pada teknologi dan solusi untuk pengembangan jaringan, perangkat masa depan, konten digital dan pengalaman pelanggan.

Memiliki operasi hingga ke Silicon Valley, aktivitas Innov8 berhubungan erat dengan ekosistem inovator, developer, instansi pemerintah, penelitian dan pengembangan serta penyedia modal untuk membawa teknologi mutakhir dan solusi di tengah masyarakat.

Selain itu, Tuntun dan Angkuts juga mengunjungi Spacemob, tempat berbagai startup lokal Singapura berkolaborasi mengembangkan kemandirian dalam membangun bisnis dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan mengunjungi Spacemob, mereka berkesempatan untuk bertemu dan bertukar pikiran dengan banyak startup secara sekaligus.

Tuntun dan Angkuts merupakan finalis The NextDev 2016, yang masing-masing berasal dari Denpasar dan Pontianak. Tuntun adalah aplikasi digital di bidang e-Tourism berupa virtual guide dengan fitur audio streaming untuk berbagai tempat wisata.

Sedangkan Angkuts adalah sebuah aplikasi digital di bidang e-Energy yang menawarkan jasa kurir sampah sekaligus memberikan nilai ekonomis untuk sampah.

Selain Tuntun dan Angkuts, dalam waktu dekat tiga pemenang The NextDev 2016, yaitu Habibi Garden, Kostoom, dan Juru Parkir juga akan melakukan perjalanan bersama Telkomsel ke Eropa untuk mengikuti konferensi teknologi tingkat internasional serta bertemu dengan beberapa pelaku industri startup terdepan di dunia.

The NextDev merupakan salah satu program tanggung jawab sosial Telkomsel berupa kompetisi pembuatan solusi digital untuk Smart City dan Smart Rural dengan tujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia dalam menciptakan mobile apps yang memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Di tahap awal, lebih dari 1.000 aplikasi mobile telah terdaftar untuk berkompetisi dalam TheNextDev 2016. Tiga pemenang The NextDev 2016 akhirnya berhasil terpilih setelah melewati seleksi tingkat regional dan nasional, pitching, dan bootcamp.



(asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.