BERITA TERBARU
Jumat, 17 Feb 2017 17:41 WIB

Pilkada 2017 Bikin Masyarakat Ketagihan Medsos

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Irna Prihandini Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - XL Axiata mencatat ada kenaikan trafik layanan data sepanjang hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017. Kenaikan trafik layanan data itu ditopang oleh penggunaan media sosial (medsos) yang cukup masif.

Secara rata-rata, kenaikan trafik layanan data di hari H Pilkada 2017 mencapai 17% dibandingkan trafik di hari biasanya. Sedangkan, pengguna medsos intens dimanfaatkan masyarakat mendorong kenaikan mencapai 15%.

Disebutkan oleh XL, kenaikan trafik tersebut terutama terjai di daerah-daerah yang menyelenggarakan Pilkada, seperti Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, dan Banten.

Direktur/Chief Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, menyebutkan jaringan XL tidak mengalami kendala apapun dalam memberikan layanan telekomunikasi dan data sepanjang digelar Pilkada serentak 2017.

"Seperti biasanya, jaringan kami selalu siap mengantisipasi kenaikan trafik sepanjang tahun, termasuk saat menghadapi hari-hari besar dan agenda negara seperti Pilkada atau Pilpres. Tentu kami ingin ikut mensukseskan Pesta Demokrasi tersebut dengan menyediakan sarana komunikasi yang prima," ujar Yessie melalui siaran persnya, Jumat (17/2/2017).

Ketiadaan gangguan itu karena XL telah mengantisipasinya dengan penguatan jaringan di semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Seperti diketahui Pilkada 2017 digelar secara serentak di tujuh provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota.

Sesuai dengan tren penggunaan media digital sebagai saranan penyampaian informasi dan berkomunikasi, maka kenaikan trafik data memang yang paling dominan. Kabar mengenai hal-hal seputar Pilkada disampaikan secara personal maupun massal melalui media digital, terutama medsos dalam berbagai platform.

Trafik penggunaan Facebook, Path, Line, dan Whatsapp naik di sebagian besar provinsi penyelenggara Pilkada. Facebook paling tinggi kenaikannya, yaitu masing-masing di NAD naik 53%, DKI 17%, Banten 14%, dan Bangka Belitung 9%.

Disebutkan, pelanggan menggunakan medsos untuk berbagi informasi, termasuk dalam format gambar atau foto, serta video. Akses Data juga cukup intens dilakukan untuk memantau hasil penghitungan suara.

Sementara itu, dilihat dari lokasi kenaikan trafik, kenaikan terjadi di NAD, yaitu sebanyak 27% dibanding trafik hari biasa, disusul DKI Jakarta naik 17%, Banten 17%, dan Bangka Belitung 7%.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.