Selasa, 03 Nov 2009 13:58 WIB

ISBA 2009

Pemenang Blog Award Minggu Pertama November 2009

- detikInet
Jakarta - Setelah melakukan proses verifikasi dan penilaian, bersama ini kami dari tim Internet Sehat menyampaikan bahwa blog berikut di bawah ini layak dan berhak mendapatkan penghargaan Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 untuk kategori mingguan, Selasa (03/11/2009):

http://bantentourism.blogspot.com (travel and culinary blog)

Provinsi Banten baru terbentuk secara formal pada tahun 2000 sebagai pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. Walau masih relatif 'baru', sebenarnya entitas Banten sudah terbentuk jauh lebih lama. Merunut sejarahnya, wilayah yang kini termasuk Provinsi Banten sudah menjadi wilayah yang ramai dengan aktivitas sejak abak ke-5. Banten memiliki sejumlah aset di bidang pariwisata yang cukup kaya. Sejumlah tempat wisata telah populer di kalangan masyarakat, seperti pantai Anyer, dan tentu saja Taman Nasional Ujung Kulon di mana terdapat hewan badak bercula satu yang dilindungi karena nyaris punah. Selain tempat-tempat wisata, Banten juga memiliki sejumlah kekayaan budaya lain yang mungkin belum banyak diketahui seperti batik Banten. Artikel tentang batik Banten ini dapat ditemukan di blog http://bantentourism.blogspot.com. Blog ini dapat menjadi rujukan penting untuk mereka yang ingin tahu lebih banyak tentang Banten dan kekayaan budayanya. Bagusnya, blog ini ditulis dalam bahasa Inggris sehingga membuka peluang untuk dijadikan referensi bagi warga negara asing yang ingin berkunjung.

http://www.catkus.com (student blog)

Penggunaan blog sebagai media untuk berbagi informasi dan pemikiran pembuatnya semakin meluas. Para pengguna awal (early adopters) internet yang kebanyakan masih berusia belasan tahun juga semakin memperlihatkan eksistensi mereka di dunia maya. Memang, anggapan bahwa para blogger remaja ini masih lebih banyak yang berkutat dengan blog yang berisi tentang curhat pribadi masih cukup kental. Tapi bukan berarti para pelajar yang memiliki konten blog yang matang jadi tidak ada. Catkus.com adalah salah satu blog buatan seorang pelajar SMU yang punya konten cukup menarik. Blog yang digawangi oleh Muhammad Nasrurohman atau yang akrab dipanggil Anas ini mengulas sejumlah banyak hal, mulai dari kampanye penggunaan perangkat lunak open source dan gaya hidup sehat; tentu saja dengan gaya dan sudut pandang seorang pelajar. Meski masih relatif baru, blog ini memperlihatkan semangat berbagi yang kuat dari penulisnya.

http://bogorwatch.wordpress.com (citizen journalist)

Kota yang terletak di selatan-timur Jakarta ini dikenal sebagai Kota Hujan karena curah hujannnya yang tinggi. Namun di kalangan warganya belakangan ini, julukan 'Kota Angkot' justru marak dipakai, entah dengan maksud sebagai satire malah sebagai sebuah ciri khas yang tidak ditemui di tempat lain. Betul, yang dimaksud adalah kota Bogor. Tapi Bogor tentu saja tak cuma sebatas masalah angkot atau kemacetan yang ditimbulkannya. Kota yang dulu disebut sebagai Buitenzorg oleh kolonialis Belanda juga memiliki beragam warna seperti halnya lazim ditemui di kota-kota lain seperti soal transportasi, kebersihan, pelayanan publik, dll. Blog bogorwatch.wordpress.com mencoba mengangkat problematika warga Bogor dari sudut pandang para penduduknya sendiri. Karena ditulis berdasarkan pengalaman empiris, maka blog ini sanggup menghadirkan wajah Bogor yang realistis, baik dalam hal yang berbau positif atau pun negatif.


Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 adalah sebentuk program apresiasi/penghargaan kepada pengelola/penulis blog (blogger) Indonesia yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikiran positifnya dalam bentuk tulisan di blog masing-masing. ISBA 2009 diinisiasi oleh ICT for Partnership (www.ictwatch.com), didukung oleh XL Care (www.xl.co.id), OpenNet Initiative (www.opennet.net) dan media online detikINET (www.detikinet.com).

Ingin seperti mereka? Simak cara-caranya di detikINET atau langsung meluncur ke situs www.ictwatch.com/internetsehat/blog-award.
(wsh/wsh)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed