BERITA TERBARU
Selasa, 03 Mar 2015 15:22 WIB

MWC 2015

Bikers! Ini, Ada Helm Pintar

Ardhi Suryadhi - detikInet
Helm pintar (ash/detikINET) Helm pintar (ash/detikINET)
Barcelona - Tak cuma ponsel, jam tangan atau TV yang punya embel-embel 'pintar'. Helm juga punya. Seperti helm pintar yang satu ini.

Helm ini sejatinya belum punya nama resmi. Ia disebut helm pintar karena punya kemampuan lebih dibandingkan helm lainnya lantaran telah dibenamkan ultra small computing platform Intel Edison.

Alat ini bekerja tandem dengan sepeda motor yang digunakan bikers sehari-hari. Perangkat Intel Edison juga harus disematkan di dalam motor.

Keduanya -- helm dan motor -- kemudian bakal saling terhubung. Petugas di booth Intel pada Mobile World Congress 2015 di Barcelona menjelaskan bahwa pengguna kemudian dapat menerima berbagai informasi dari helm pintar tersebut.

Mulai dari kondisi jalan raya, mesin, lampu sampai membuat panggilan telepon. "Namun untuk fungsi telepon Anda tetap butuh sinkronisasi ke perangkat genggam," ujarnya kepada detikINET di Fira de Barcelona, tempat MWC 2015 berlangsung.

Pengendara juga disebutkan bisa melakukan perintah lewat suara. Caranya tinggal langsung menyebutkan hal yang diinginkan, dan kemudian ia akan mendapat balasan perintah itu juga lewat suara.

Helm ini juga punya semacam lampu sein. Jadi ketika motor ingin berbelok ke kiri atau ke kanan, maka secara otomatis pula helm ini bakal mengeluarkan lampu kedap-kedip mengikuti ke mana motor akan berbelok.

Tidak disebutkan berapa untuk mendapatkan helm canggih ini. Yang pasti jangan sampai inovasi teknologi tersebut malah mengganggu konsentrasi bikers saat berkendara.

(ash/rns)
Helm pintar (ash/detikINET)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed