BERITA TERBARU
Selasa, 03 Mar 2015 10:41 WIB

MWC 2015

Bak Film Pacific RIM, Robot Dikendalikan Manusia

Ardhi Suryadhi - detikInet
Demo robot dengan koneksi 5G (ash/detikINET) Demo robot dengan koneksi 5G (ash/detikINET)
Barcelona - Membayangkan bagaimana teknologi telekomunikasi generasi kelima alias 5G? Nah, salah satu implementasinya adalah untuk mengendalikan robot seperti di film Pacific RIM.

Di film fiksi ilmiah tersebut, robot raksasa yang disebut Jaeger dikendalikan oleh dua orang. Dari dalam tubuh robot, dua orang itu punya kendali penuh, termasuk untuk bertarung dengan monster pengancam bumi.

Cikal bakal robot di film Pacific RIM bisa jadi telah dirintis, yakni lewat teknologi 5G. Dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona, Spanyol, booth SK Telecom menarik perhatian dengan demo 5G mereka.

Jika berbicara 5G, kecepatan internet memang tak lagi menjadi isu. Yang menjadi sorotan adalah, apa yang bisa Anda lakukan dengan inovasi teknologi telekomunikasi tersebut. Sekedar catatan, demo akses 5G yang dilakukan SK Telecom bisa mencapai kecepatan 7550 Mbps atau tembus 7,5 Gbps!

Alhasil kecepatan transfer data ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang jauh lebih rumit, semisal mengendalikan robot. Memang, robot yang dikendalikan tak sebesar Jaeger di film Pacific RIM. Paling sekitar 150 cm tingginya. Namun ia mampu bergerak sesuai apa yang dilakukan 'tuannya'.

Dalam demo yang ditampilkan, seorang wanita yang menggunakan peralatan lengkap dari kaki sampai kepalanya berdiri tepat di sebelah robot. Ia kemudian mengangkat tangannya yang langsung diikuti oleh si robot.

Si wanita kemudian melakukan gerakan yang lebih rumit seperti mengangkat kaki dan bergoyang-goyang layaknya orang berjoget. Robot berbentuk humanoid itu juga dapat mengikutinya dengan serupa. Keren!

Jika melihat hal ini, sepertinya kisah di film Pacific RIM dimana manusia mampu mengendalikan robot raksasa tak lagi sebatas mimpi.

(rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed