Kamis, 17 Apr 2014 10:28 WIB

Robot Asimo Terus Berlari

- detikInet
Robot Asimo (gettyimages) Robot Asimo (gettyimages)
Jakarta - Jika disebut nama Advanced Step in Innovative Mobility mungkin banyak dari Anda yang tidak mengenalnya. Padahal itu adalah nama panjang dari Asimo, robot humanoid Honda yang paling populer.

Asimo bisa dibilang selebritisnya dunia robot. Tak terasa sudah 14 tahun sejak generasi awal Asimo diperkenalkan ke khalayak umum pada tahun 2000 silam. Kini, Asimo sudah lebih pintar.

"Hello New York! Thank you for coming today!" sambut Asimo kepada para audiens di hotel Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Dalam acara konferensi tersebut, Asimo memang menjadi tamu spesial. Robot dengan tinggi 1,3 meter dan berat 50 kg itu pun unjuk kebolehan. Mulai dari naik turun anak tangga, membuka botol, menyajikan minum, sampai berjabat tangan.

Seperti dilansir Business Insider, para ilmuwan Honda memang telah membekali Asimo dengan kemampuan yang lebih baik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Terutama dari sisi fleksibilitas dan keseimbangan.

Tak ayal, robot lucu ini sekarang mampu menampilkan bahasa tubuh, melompat, sampai berlari dengan kecepatan 9 km/jam.

Para ilmuwan optimistis suatu hari nanti Asimo dapat dimanfaatkan untuk membantu aktivitas para manula, termasuk untuk menjadi asisten pribadi mereka dalam aktivitas keseharian.

"Asimo didesain untuk membantu mereka yang membutuhkan bantuan dan Honda percaya improvisasi di Asimo akan membawa kita lebih dekat dengan tujuan untuk membantu semua orang yang membutuhkan," ujar Satoshi Shigemi, Senior Chief Engineer di Honda R&D.

"Kami mencoba untuk mengerti apa yang dibutuhkan dan diinginkan orang-orang dari Asimo," pungkas Satoshi, sosok yang bertanggung jawab terhadap robot humanoid ini.

(ash/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed