Jumat, 22 Jun 2018 16:32 WIB

Tingkatkan Keamanan Data Pengguna, Google Perbarui Privasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Aplikasi Gmail. Foto: detikINET - Irna Prihandini Aplikasi Gmail. Foto: detikINET - Irna Prihandini
Jakarta - Google menghadirkan pembaruan pengaturan privasi dan keamanan bagi pengguna akun Google, yang diklaim lebih mudah. Akun Google ini meliputi Gmail, Google+, YouTube, Maps, dan produk lain perusahaan yang bermarkas di Mountain View, Amerika Serikat.

Pembaruan tersebut berupa fitur baru yang dapat mempermudah navigasi, setelan keamanan, dan privasi yang lebih baik, serta aktivitas mendetail, mulai dari data pribadi, perangkat, metode pembayaran, pembelian, subscriptions, reservasi, dan kotak.

Disebutkan Google melalui keterangan tertulisnya, Jumat (22/6/2018), pembaruan ini sudah dapat digunakan pengguna Android mulai hari ini dan akan menyusul dalam tahun ini untuk pengguna iOS dan website.



Head of Communications Google Indonesia Jason Tedjasukmana, mengatakan privasi dan keamanan data telah menjadi topik penting di seluruh dunia, hal ini juga terbukti dengan lebih dari 20 juta mengunjungi akun Google setiap harinya untuk memastkan keamanan dan data mereka, tentunya dengan kebutuhan dan masalah yang berbeda-beda.

"Akun Google kini memungkinkan pengguna untuk menemukan pengaturan kontrol Aktivitas dan tab Data & Personalisasi, kemudian memilih jenis aktivitas data yang tersimpan di akun," jelas Jason.

Pembaruan keamanan akun Google.Pembaruan keamanan akun Google. Foto: Google Indonesia


Google mengatakan bahwa Privacy dan Security Checkup secara berkala juga perlu dilakukan. Dengan versi terbarunya di akun Google, Google akan memberikan notifikasi apabila mendeteksi sesuatu yang mencurigakan, seperti menghapus data akun di perangkat lama atau menghapus aplikasi mencurigakan yang sebelumnya memiliki akses ke data pengguna.

Google mengklaim melalui pembaruan ini, pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan kontrol terhadap pilihan keamanan yang dibutuhkan bagi penggunanya.

Perusahaan teknologi ini juga terus membangun dan menyempurnakan tools yang ada agar mudah dipahami, melindungi, dan mengontrol informasi pengguna. Diharapkan dengan ini, Google dapat membantu pengguna dan memaksimalkan pengalaman mereka berselancar di dunia maya.
(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed