BERITA TERBARU
Kamis, 14 Jun 2018 10:06 WIB

Apple Lebih Galak pada Developer

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi iPhone. Foto: Hasan Alhabshy Ilustrasi iPhone. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Selain melarang cryptomining, Apple juga melakukan beberapa perubahan di aturan App Store-nya, yaitu memperketat aturan 'penambangan' data pribadi pengguna.

Aturan ini pada intinya melindungi pengguna dari developer yang mengumpulkan data pengguna, atau malah menjualnya ke pihak ketiga.

Ketentuan ini dibuat karena sebelumnya developer bisa meminta pengguna untuk memberikan daftar kontak di ponselnya, dan mereka bisa menjual data tersebut tanpa benar-benar memberi tahu si pemilik data.



Namun kini, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (14/6/2018), kecurangan developer itu sudah tak bisa dilakukan. Jika dilanggar, developer itu akan langsung ditendang dari App Store.

Perubahan aturan yang dilakukan Apple adalah melarang developer mengubah daftar kontak menjadi database kontak dan melarang menjual database tersebut.

Developer juga tak bisa mengubah data menjadi profil pengguna. Meski begitu, developer masih bisa meminta daftar kontak pengguna, namun data tersebut hanya bisa digunakan di dalam aplikasi mereka, dengan catatan, pengguna harus diberi tahu secara detil soal penggunaan data tersebut.



Perubahan aturan ini tentu tak lepas dari skandal privasi data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica. Apple tak mau kejadian serupa muncul di App Store miliknya, terlebih lagi Apple selalu menggadang-gadang pentingnya privasi data pengguna. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed