BERITA TERBARU
Minggu, 05 Mar 2017 18:18 WIB

Cara Mudah Bedakan WiFi Publik yang Baik dan Jahat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Apabila Anda merupakan penikmat WiFi gratisan yang tersedia di tempat umum, adakalanya harus memperhatikan mana WiFi publik yang aman dan mana yang riskan.

Security Advocate, Consumer Business Unit Symantec, Nick Savvides, menjelaskan mengenai perbedaan antara WiFi publik kategori baik dengan yang jahat.

Menurut dia, jika kita hanya mengandalkan asal terhubung saja dengan WiFi publik tanpa kesadaran, maka kemungkinan Anda bisa disusupi oleh hacker yang masuk lewat jaringan koneksi yang sama dengan korban.

Akibatnya, baik itu foto, video, kartu kredit, hingga kebiasaan berinternet bisa dimata-matai. Disampaikan Savvides, tak ada teknis khusus untuk dapat mengidentifikasi mana WiFi yang aman atau tidak.

Cara Mudah Bedakan WiFi Publik yang Baik dan JahatFoto: detikINET/afr

Tetapi, ada satu cara yang bisa dilakukan oleh para 'fakir kuota' ini agar bisa terhubung dengan WiFi publik tanpa khawatir data-data privasinya diketahui oleh hacker. Cara ini mudah, namun sering diabaikan masyarakat.

Savvides mengatakan cara yang dimaksud adalah bila terhuhung dengan jaringan WiFi, maka akan otomatis muncul pemberitahuan yang bertuliskan seperti tingkat keamanan jaringan tersebut.

Contohnya seperti ada notifikasi jaringan "secure" atau "not secure". "Maka dari itu jangan abaikan peringatan keamanan pada WiFi itu yang muncul di perangkat Anda," ujar Savvides di Jakarta.

Cara Mudah Bedakan WiFi Publik yang Baik dan JahatFoto: Agus/inet

"Peringatan itu harus menjadi kewaspadaan kita ketika terhubung WiFi publik. Jika dalam notifikasi itu bilangnya tidak aman, maka pastikan Anda jangan terhubung dengan jaringan tersebut," pungkasnya. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Nenek Glamour 2 Cucu Tenar di Instagram

    Nenek Glamour 2 Cucu Tenar di Instagram

    Senin, 27 Mar 2017 11:26 WIB
    Banyak wanita yang sangat merawat penampilannya. Oleh karena itu ketika mereka bertambah tua masih terlihat segar bahkan sering dikira masih muda.
  • Fotostop: Potret Musisi Jalanan Kuis

    Fotostop: Potret Musisi Jalanan

    Senin, 27 Mar 2017 10:00 WIB
    Menyambut hari musik nasional pada 9 Maret, detikINET ingin mengangkatnya sebagai tema kontes fotostop. Potret musisi jalanan tentunya sangat menarik.
  • Nintendo Siapkan Kejutan di Ajang E3 2017

    Nintendo Siapkan Kejutan di Ajang E3 2017

    Senin, 27 Mar 2017 08:30 WIB
    Jelang Electronic Entertainment Expo (E3) 2017, sejumlah perusahaan game mengungkap informasi terkait apa yang akan mereka lakukan. Termasuk Nintendo.