Selasa, 31 Jan 2017 08:15 WIB

Kunci Hotel pun Jadi Sasaran Retas Hacker

Yudhianto - detikInet
Foto: Rob Kim/Getty Images Foto: Rob Kim/Getty Images
Jakarta - Serangan yang dilakukan hacker makin meluas. Kabar terbaru menyebut kalau hotel sudah mulai menjadi incaran para peretas.

Kejadian tersebut dialami sebuah hotel mewah bernama Romantik Seehotel J├Ągerwirt yang berlokasi di Austria. Manajemen hotel mengaku kalau sistemnya telah mengalami peretasan oleh hacker. Alhasil, seluruh pintu kamar hotel di hotel tersebut tak bisa dibuka mengguna kunci kartu yang tersedia.

Para tamu pun tidak bisa mengajukan kunci kartu yang baru untuk membuka pintu kamar hotel lantaran sistem komputer hotel menolaknya. Selain itu sistem reservasi dan pembayaran hotel juga juga jadi tak pelak kena bobol.

Ujung-ujungnya muncul permintaan tebusan dari hacker. Tapi jumlahnya tak seberapa besar, hanya senilai 1500 euro atau sekitar Rp 21 juta (1 euro = Rp 14.200). Itu pun si hacker memintanya tidak dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk uang digital Bitcoin.

Ketika tuntutan tersebut dipenuhi, sistem komputer di hotel Romantik Seehotel J├Ągerwirt langsung normal dengan sendirinya. Belakangan diketahui kalau hacker membenamkan ransoware lewat celah yang ada di sistem hotel tersebut.

Pihak hotel langsung bergerak cepat paska jadi 'sandera'. Sistem yang digunakan sepenuhnya diganti dengan yang dianggap lebih aman. Selain itu beberapa komputer yang dianggap rentan juga dimatikan koneksinya ke sistem.

Tapi kejadian ini bukan yang pertama kali terjadi. Tahun 2016 lalu sebuah rumah sakit di Hollywood juga mengalami kejadian serupa, ketika rekam medis seluruh pasiennya dikunci hacker. Tebusan sebesar USD 17 ribu atau setara Rp 226 juta (USD 1 = Rp 13.300) terpaksa dibayar, demikian seperti detikINET kutip dari The Next Web, Selasa (31/1/2017).

(yud/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed