BERITA TERBARU
Rabu, 25 Jan 2017 08:23 WIB

Hacker bakal Lebih Blak-blakan di 2017

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Selama ini hacker lebih menutup rapat identitas dirinya. Tapi tahun 2017 ini mereka diprediksi bakal lebih berani.

Hal tersebut diungkap Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia Dony Koesmandarin. Ia mengatakan beberapa hacker yang suka melakukan serangan cyber belakangan ini akan lebih berani mengungkap jati dirinya.

"Mereka tidak segan menyantumkan nama dan email. Bahkan ada yang mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi," kata Dony menyampaikan prediksi Tren Kejahatan Cyber 2017, di Jakarta (24/1/2017).

Dony juga memprediksi para hacker bakal lebih agresif lagi tahun ini. Bahkan mereka akan lebih sering main hakim sendiri.

"Kaspersky melihat akan ada peningkatan Vigilante Hacker, yakni aksi peretasan dan penyebaran data diduga untuk kebaikan bersama," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Dony turut mengungkap pihaknya melihat ada peningkatan kerentanan yang disebabkan aksi sabotase cyber. Ini dikarenakan sistem infrastruktur dan manufaktur penting masih tetap terhubung ke akses internet yang tidak aman.

"Semua infrastruktur menggunakan remote access. Meski tidak terhubung dengan internet langsung, komputer tersebut masih terkoneksi dengan komputer berinternet lewat router. Ini masih dimungkinkan diserang. Lebih-lebih kalau hanya sedikit yang terlindungi," pungkasnya.

(afr/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed