BERITA TERBARU
Selasa, 24 Jan 2017 17:37 WIB

Mengamankan Ponsel Android dari Ancaman di Internet

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Irna Prihandin Foto: detikINET/Irna Prihandin
Jakarta - Perangkat Android menjadi salah satu target utama dari ancaman dunia maya. Agar tetap aman perlu berhati-hati dalam mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia Dony Koesmandarin mengatakan perangkat open source menjadi tempat beraksi para pelaku kejahatan cyber. Sebab tidak ada yang mengawasi saat aplikasi masuk ke toko aplikasi.

"Close source seperti iPhone melakukan pengawasan ketat saat aplikasi masuk ke Apps Store. Berbeda dengan Play Store. Pengguna kerap dengan senang hati mengunduh malware ke ponselnya," ujar Dony.

Untuk itu pengguna Android harus berhati-hati kala mengunduh aplikasi meski dari Google Play Store. Dony pun memberikan tips agar tetap aman.

Pertama perhatikan nama developernya. Terkadang ada aplikasi punya ikon yang mirip, tapi pengembangnya berbeda.

Ia pun mewanti-wanti jangan terpaku melihat jumlah pengunduh atau review. Hal itu tidak menjamin keamana dari suatu aplikasi.

"Bila perlu googling developer tersebut. Pasti ada yang membuat reviewnya. Jadi bisa lebih menjamin keamanannya," kata Dony. "Aplikasi berbayar terkadang lebih baik," pungkasnya (afr/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed