BERITA TERBARU
Minggu, 15 Jan 2017 12:12 WIB

Celah di WhatsApp Bisa Ungkap Pesan Rahasia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Foto: Carl Court/Getty Images/ Ilustrasi Foto: Carl Court/Getty Images/
Jakarta - Fitur pesan terenkripsi milik WhatsApp ternyata tak seaman yang dibayangkan, pasalnya ada celah keamanan yang bisa dipakai untuk membongkar enkripsi pesan tersebut.

Celah ini pertama kali ditemukan oleh Tobias Boelter, seorang peneliti keamanan dari University of California. Menurutnya, celah ini terkait dengan cara WhatsApp menangani pesan offline-nya, yang secara teoritis bisa dipakai untuk membuka pesan terenkripsi yang dikirimkan di layanan milik Facebook tersebut.

Celah ini juga dianggap sebagai keputusan WhatsApp demi memenuhi pengalaman pengguna yang lebih baik, dengan mengorbankan sisi keamanan. WhatsApp dianggap sudah mengetahui celah ini sejak lama, dan tak berusaha untuk menutupnya, demikian dikutip detikINET dari The Guardian, Minggu (15/1/2017).

Sistem enkripsi end-to-end bergantung membutuhkan masing-masing penggunanya -- pengirim dan penerima -- memiliki kunci untuk mengenkripsi juga dekripsi. Namun untuk memastikan setiap pesan selalu terkirim meski penerimanya sedang offline, WhatsApp harus sedikit berkompromi.

"WhatsApp punya kemampuan untuk memaksa pembuatan kunci enkripsi baru bagi pengguna yang sedang offline, tanpa diketahui si pengirim maupun penerima, dan membuat si pengirim harus mengenkripsi ulang pesannya dengan kunci baru, dan mengirimkannya kembali, dan ini berlaku untuk semua pesan yang belum terkirim," tulis Guardian.

Secara teoritis, hal tersebut membuat WhatsApp -- atau pun pemerintahan mana pun yang mempunyai perintah pengadilan -- bisa mengakses pesan yang seharusnya aman tersebut. Meski sampai saat ini belum ada bukti kalau celah ini sudah dimanfaatkan seperti itu, hal ini tetap saja dianggap sebagai ancaman terhadap kebebasan berpendapat. (asj/asj)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Nenek Glamour 2 Cucu Tenar di Instagram

    Nenek Glamour 2 Cucu Tenar di Instagram

    Senin, 27 Mar 2017 11:26 WIB
    Banyak wanita yang sangat merawat penampilannya. Oleh karena itu ketika mereka bertambah tua masih terlihat segar bahkan sering dikira masih muda.
  • Fotostop: Potret Musisi Jalanan Kuis

    Fotostop: Potret Musisi Jalanan

    Senin, 27 Mar 2017 10:00 WIB
    Menyambut hari musik nasional pada 9 Maret, detikINET ingin mengangkatnya sebagai tema kontes fotostop. Potret musisi jalanan tentunya sangat menarik.
  • Nintendo Siapkan Kejutan di Ajang E3 2017

    Nintendo Siapkan Kejutan di Ajang E3 2017

    Senin, 27 Mar 2017 08:30 WIB
    Jelang Electronic Entertainment Expo (E3) 2017, sejumlah perusahaan game mengungkap informasi terkait apa yang akan mereka lakukan. Termasuk Nintendo.