BERITA TERBARU
Minggu, 23 Okt 2016 11:35 WIB

Hacker Serang Situs-situs Besar AS

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Reuters/Kacper Pempel Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta - Pengguna internet Amerika Serikat (AS) melaporkan sejumlah situs besar seperti Twitter, Netflix, Spotify, Airbnb, Reddit, Etsy, SoundCloud dan The New York Times tak bisa diakses.

Kejadian ini dilaporkan pada Jumat (21/10/2016) waktu setempat, setelah Dyn, perusahaan yang mengelola bagian terpenting infrastruktur internet di AS, mengalami serangan.

Dikutip dari New York Times, Minggu (23/10/2016), diketahui mengalami serangan distributed denial-of-service (DDoS) pada Jumat pukul 7 pagi, waktu setempat.

Banyak situs dilaporkan tak bisa diakses, bermula dari wilayah Pantai Timur, menyebar hingga ke wilayah Barat. Serangan tersebut tampaknya memanfaatkan ratusan ribu perangkat yang terkoneksi internet mulai dari kamera, monitoring bayi, hingga router di rumah-rumah.

Tanpa sepengetahuan pemiliknya, perangkat-perangkat ini diinfeksi oleh software yang memungkinkan hacker memberi perintah untuk membanjiri sasaran dengan trafik internet yang berlebihan.

Chief Strategist Dyn Kyle York mengatakan, perusahaannya dan juga pihak lain yang menjadi host bagian penting infrastruktur internet menjadi sasaran serangan yang terbilang kuat.

"Jumlah, jenis, durasi serta komplesitas serangan ini sedang meningkat tajam," kata York.

FBI dan Departemen Keamanan AS melakukan penyelidikan menyeluruh terkait insiden ini dan mencari tahu penyebab, serta kemungkinan adanya aktivitas kriminal dan serangan yang menyasar negara.

(rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed