BERITA TERBARU
Rabu, 02 Sep 2015 18:28 WIB

Wikipedia Dijahili Pemeras

Rachmatunisa - detikInet
(Getty Images) (Getty Images)
London - Ratusan bisnis skala kecil dan sejumlah selebritis Inggris menjadi sasaran serangan blackmail scam yang didalangi 'editor' gadungan di Wikipedia.

Yang menjadi korbannya beragam, mulai dari fotografer pernikahan di Dorset hingga penjual perhiasan mahal di Shoreditch, London Timur. Mereka diperas agar mengirimkan ratusan poundsterling dengan alasan melindungi dan meng-update halaman Wikipedia mengenai bisnis mereka.

Untuk melancarkan aksinya, pelaku scam akan memperkenalkan dirinya sebagai admin atau editor Wikipedia. Untungnya, aksi kejahatan cyber ini langsung diketahui Wikipedia yang langsung memblokir sekitar 381 akun.

Hasil investigasi menemukan bahwa ratusan akun tersebut dikontrol oleh pengguna misterius yang menawarkan perubahan artikel mengenai perusahaan atau individu. Sebagai imbalannya, mereka harus membayar sejumlah uang.

Seperti dilansir The Independent, Rabu (2/9/2015), aksi scam ini terutama menyasar sejumlah perusahaan kecil yang berupaya agar bisa menampilkan artikel mengenai bisnis mereka di Wikipedia.

Mereka sering diberitahu bahwa artikel mereka ditolak mengingat kontennya yang terlalu berbau promosi. Para pelaku scam pun mengambil kesempatan dari situasi ini.

"Pada tahap ini scammer akan meminta bayaran ratusan poundsterling untuk melakukan 're-post' atau 're-surface' artikel yang pernah dikirimkan. Dalam beberapa kasus, korban juga akan diminta membayar secara bulanan untuk 'memproteksi' artikel tersebut," demikian laporan The Independent.

Wikipedia hingga saat ini terus tumbuh dengan jutaan artikel berbagai bahasa. Situs ensiklopedia ionline ini punya lebih dari 250 ribu orang untuk melindungi keaslian konten-konten yang mereka tampilkan.

(rns/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed