BERITA TERBARU
Selasa, 28 Mei 2013 18:28 WIB

Menanti Gebrakan Tentara Cyber Indonesia

- detikInet
Ilustrasi (Ist.) Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan berencana untuk membuat tentara cyber.<\/em> Pasukan inilah yang nantinya bertugas menjaga keutuhan NKRI di dunia maya.

Berbagai jenis serangan cyber <\/em>memang sudah mulai sering terjadi di Indonesia. Bahkan sekitar tiga pekan lalu, situs Kementerian Pertahanan sempat diretas oleh hacker yang belum diketahui identitasnya.

Tak ingin jadi bulan-bulanan di dunia maya. Pemerintah pun segera berbenah, salah satunya mulai muncul wacana soal memperkuat pertahanan cyber<\/em>.

\\\"Saat ini kita memang tidak punya Undang-undang soal cyber defense<\/em>, yang ada sekarang ini Undang-undang Cyber Crime melalui UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik),\\\" jelas Pos M. Hutabarat, Dirjen Potensi Keamanan Kementerian Pertahanan.

Nah<\/em>, untuk mempertahankan keutuhan NKRI, Pos merasa aturan terkait pertahanan cyber <\/em>itu harus segera direalisasikan.

\\\"Ini harus segera dibentuk, karena dari ini kemudian kita bisa membuat cyber army<\/em>,\\\" tambah Pos, usai berdiskusi di acara bertajuk \\\'Menghadapi Tantangan di Era Cyber Security\\\' di Pullman Hotel, Rabu (28\/5\/2013).

Tentara cyber <\/em>yang dimaksud Pos adalah pasukan militer yang memang diberi pengetahuan khusus soal seluk beluk dunia maya. Dengan demikian, pasukan ini bisa menangkis atau melakukan serangan cyber <\/em>ketika dibutuhkan.

Cyber army <\/em>memang bukanlah hal baru dalam dunia militer. Negara adidaya seperti Amerika Serikat, China, Korea Selatan, sampai Iran sudah memiliki tentara cyber <\/em>yang besar dan handal. Bahkan beberapa di antaranya memang mengemban misi khusus kenegaraan.

Tentara seperti itulah yang diidamkan Kementrian Pertahanan. Sayang, Pos belum bisa memprediksi kapan para tentara cyber <\/em>di Indonesia bisa segera terbentuk.

\\\"Tunggu undang-undang itu selesai, yang jelas tidak dalam 3 tahun ini,\\\" tandasnya.

Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed